Apa itu VPN dan Cara Kerjanya

October 28, 2019

Pada zaman modern ini, kata "VPN" mungkin sudah tidak asing bagi Anda. Namun, tahukah anda apa VPN itu? Kali ini denstorial akan memberikan penjelasan sedikit apa itu VPN dan bagaimana cara kerja nya. Yuk simak penjelasan berikut ini.


Apa itu VPN?
VPN merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Secara bahasa kata Virtual Private Network berarti Jaringan Privat Virtual. Jaringan VPN saat ini banyak digunakan sebagai alat untuk terhubung ke Internet secara aman.

Pada dasarnya, VPN merupakan jaringan yang bersifat virtual, tidak digambarkan dengan fisik secara menyeluruh. Maksudnya VPN bisa saja jaringan yang menghubungkan perusahaan A dengan perusahaan B, walaupun keduanya terpisah secara fisik, namun dengan VPN bisa disatukan menjadi jaringan logical. VPN jenis ini dinamakan VPN site-to-site.

Bagaimana Cara Kerjanya?
Agar lebih mudah disini saya akan melakukan perbandingan sederhana. Koneksi Internet, pada awalnya sangatlah sederhana, belum ada protocol TLS untuk mengenkripsi data, ini merupakan standar internet pada awalnya. Barulah kemudian muncul ide untuk mengembangkan standar enkripsi data. VPN bekerja dengan membuat jaringan virtual maupun itu bersifat terhubung ke privat atau publik, pada dasarnya digunakan untuk membuat jaringan baru (virtuak) tanpa menggunakan perangkat fisik tambahan, agar data yang keluar masuk melalui jaringan VPN ini aman, maka hadirlah enkripsi data. Enkripsi banyak macamnya, namun fungsi nya hanya satu. Dasarnya, bagaimana data yang sudah diacak-acak (Encoded) hanya dapat diketahui oleh 2 perangkat saja, tidak ada perangkat lain yang dapat membaca dengan melakukan Decode data yang sudah diacak-acak,

Manfaat VPN
Membahas manfaat nya, VPN banyak digunakan untuk melakukan Remote Access. Remote Access membuat kita bisa menggunakan Jaringan kantor meski berada diluar kantor, dengan memanfaatkan jalur internet yang publik sebagai jalan. Data yang melewati VPN ini dienkripsi sehingga orang lain (man in the middle) tidak bisa membaca isi Data yang ada di VPN.

Selain diatas, berikut manfaat VPN yang banyak digunakan:

  • ByPass Situs (Censorship and Tracking): Yang satu ini paling banyak digunakan, ada beberapa situs di luar yang di blokir Indonesia. Dengan menggunakan teknologi VPN, harapannya situs dapat dibuka
  • Enkripsi Data di Jaringan Publik: Bagi yang suka menggunakan WiFi publik atau Hotspot, menggunakan VPN merupakan pilihan yang baik dalam mengamankan data. Karena data yang dikirim ke Internet dengan menggunakan VPN akan dienkripsi terlebih dahulu.
  • Menyamarkan atau Mengamankan Informasi Perangkat: Selain menawarkan ByPass dan Enkripsi, VPN dapat menyamarkan informasi pengguna, karena biasanya server VPN tersebar di berbagai penjuru dunia, dan kita sebagai pengguna VPN memakainya di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan VPN
VPN memiliki kekurangan dan kelebihan nya masing-masing. Berikut ini kekurangan dan kelebihannya:

Kelebihan:

  • Kerahasiaan data dapat lebih terjaga.
  • Akses ke situs yang di blokir
  • Identitas pengguna tidak langsung diketahui
  • Mengakses jaringan dari lokasi yang berbeda

Kekurangan:

  • Terkadang, koneksi bisa saja lebih lambat.
  • Ada kemungkinan koneksi tidak Stabil. Biasanya menggunakan Server VPN gratisan.
  • Terdapat batasan penggunaan (khusus VPN gratisan).
  • Bagi pemula yang akan melakukan setup VPN, terkadang sulit untuk dilakukan.


Oke cukup sekian dari yang saya dapat sampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top