Konfigurasi Data Rate RouterBoard Mikrotik

August 28, 2018

Mikrotik RouterBoard ini perlu diketahui ternyata banyak sekali Tools serta konfigurasinya. Contohnya adalah pada Data Rate. Data Rate adalah sebuah nilai yang menggambarkan seberapa banyak data digital yang dapat dipindahkan dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dalam satuan detik.

Data rate dipengaruhi oleh kuat lemahnya sinyal Rate flapping terjadi karena naik turunnya data rate (rate jump),Rate flapping dapat dicegah dengan memilih data rate yang lebih rendah agar link lebih stabil.

Alat dan Bahan
  • Topologi Point to Point/Multi Point, Caranya bisa anda lihat disini Tutorial Point to Point
  • Mikrotik RouterBoard, minimal Lisensi level 2 dan mempunyai minimal 1 Interface Wireles

Topologi yang saya gunakan


Konfigurasi AP-side
1. Pastikan kalian sudah membuat IP yang akan dgunakan oleh Router pada Interface wlan1. AP-side disini menggunakan IP 10.10.10.1/24(sesuai dengan topologi). Kemudian lakukan Konfigurasi Point to Point/Multi Point menggunakan 2-3 RouterBoard. Lompati tahap ini jika kalian mempunyai topologi sendiri lalu lanjutkan ke langkah nomer 2


2. Jika kalian sudah membuat Topologi Point to Point nya, kemudian langkah selanjutnya adalah mengaktifkan mode Advanced untuk melihat Konfigurasi secara Advance.


3. Kemudian Pindah ke Tab Data Rates, Pilih Rate ke mode Configured, bedanya dengan mode Default adalah sistem akan secara otomatis mengatur Data Rates. Setelah memilih configured akan muncul Konfigurasi nya seperti di bawah. Kalian bisa mengatur nya sesuai kebutuhan.


Konfigurasi Client-side
1. Pada Client-side pastikan kalian sudah membuat Station terkoneksi dan terotentikasi dengan AP.


2. Kalian bisa melihat Apakah Station sudah terhubung ke AP atau belum dengan mengecek nya di bagian Registration. Disini akan terlihat MAC Address dan TX/RX Rate yang diterima Station serta interface yang digunakan untuk koneksi ke AP.


3. Kemudian buka Bandwidth Test, dan Masukan IP AP pada kotak "Test To" kemudian masukan Username dan Password agar Bandwidth test bisa dijalankan. Klik Start untuk memulai Test dan jika sudah selesai klik Stop untuk menghentikan Proses pengetesan.


Sekian dari Tutorial yang saya berikan ini, Kurang lebih nya mohon maaf. Terima kasih telah memberikan kepercayaan kalian dengan mengunjungi dan mempelajari materi di blog ini. Semoga ilmu yang kalian dapat bermanfaat

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top