[DNS] Tutorial Menginstall DNS Server di Windows Server 2012

November 30, 2018

Halo sobat Denstorial. Pada postingan kali ini admin akan memberikan Tutorial Menginstall DNS Server di Windows Server 2012.
Dalam tutorial ini diharapkan bagi anda untuk sudah menginstall OS Windows Server. Jika sudah, Lakukan Konfigurasi berikut ini untuk menambahkan Role DNS ke Windows Server yang anda miliki. Untuk tutorial konfigurasi nya bisa dilihat seperti di bawah ini.

1. Pertama, jalankan program Server Manager. Anda bisa menekan Windows+R lalu ketikan "servermanager" (seperti di gambar) untuk membuka Server Manager dengan mudah.

2. Selanjutnya, Jika Server Manager sudah terbuka, Tunggu beberapa detik/menit untuk menunggu Server Manager tselesai terbuka dan melakukan Refresh terhadap Server yang ada. Jika sudah, klik Manage lalu pilih Add Roles and Features. Jika kurang mengerti dengan kata-kata saya, anda bisa melihat gambar dibawah ini.

3. Ketika mengklik Add Roles and Features maka Jendela baru akan terbuka, Jendela tersebut adalah "Add Roles and Features". Pada bagian Before You Begin lakukan langkah seperti di gambar untuk Lanjut ke tahap selanjutnya. "Skip this page by default" digunakan untuk melewati bagian ini ketikavanda melakukan penambahkan Roles & Features selanjutnya.

Sebelum Lanjut ke tahap selanjutnya, Pastikan bahwa :
  • Akun Administrator atau yang setingkat Administrator mempunyai Password yang kuat.
  • IP sudah terkonfigurasi dan statis (static IP).
  • Windows Security sudah ter-update ke versi termutakhir nya (Untuk keamanan).


4. Selanjutnya ada bagian Installation Type. Pada bagian ini anda disuruh memilih Tipe Installasinya. Disini saya memilih Role-Based or Feature Based karena saya hanya menginstall Role & Feature tersebut hanya di satu server. Klik Next untuk lanjut ke tahap berikutnya.


5. Selanjutnya, pada tahap Server Selection. Anda disuruh pilih Server yang ingin diinstal Roles & Features nya. Jika anda memiliki Server yang terinstal di Server Pool, pilih Select a server from the server pool (1). Lanjutkan dengan memilih Server yang ada di Server Pool (2). Untuk menlanjutkan ke tahap berikutnya klik Next.

6. Lanjut Pada bagian Server Roles. Untuk menambahkan DNS Server, Cari dan centang  DNS Server. Cukup yang dicentang itu saja ya.

7. Selanjutnya akan muncul Pop up, pada Pop up ini akan ada konfirmasi ulang dari Sistem apakah anda ingin menambahkan Feature/Fitur tambahan yang dibutuhkan ketika menambahkan Roles tambahan untuk menginstall DNS Server. Centang bagian Include management tools (1) lalu klik Add Features (2) untuk menamabahkan Fitur yang dibutuhkan tadi.

8. Bisa terlihat DNS Server sudah tercentang, Berikutnya kita lanjut ke tahap Selanjutnya, klik Next.

9. Selanjutnya ada bagian Features. Pada bagian ini tidak perlu ditambahkan apa lagi. Karena kebutuhan tersebut sudah ditambahkan sendiri oleh sistem di bagian sebelumnya (Server Roles). Klik Next untuk melanjutkan.


10. Selanjutnya ada bagian DNS Server, disini dijelaskan mengenai DNS Server. Dan beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai DNS Server di Windows Server (lihat bagian yang saya beri warna kuning). 

11. Selanjutnya ada bagian Confirmation. Pada bagian ini anda diminta konfirmasi apa anda yakin untuk menginstall DNS Server. klik Install untuk memulai proses installasi. Proses ini biasanya tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 1-5 menit.

12. Terakhir ada bagian Results. Pada bagian ini anda akan diberitahu apakah proses installasi sudah selesai maupun installasi yang gagal. Klik Close untuk menutup Jendela ini. Dan selesai sudah tahap-tahap menginstall DNS Server di Windows Server 2012. Untuk Tutorial Manajemen DNS ada di Artikel selanjutnya.


Penutup
Cukup sekian dari artikel Tutorial Menginstall DNS Server di Windows Server 2012 yang dapat saya sampaikan, untuk kurang-lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih telah mengunjungi dan mempercayai Blog ini. Jika ada yang perlu ditanyakan, Jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top