[FSRM] Tutorial Konfigurasi File Screening Management di Windows Server 2012

October 27, 2018

Halo.. dalam postingan ini admin akan melanjutkan tutorial mengkonfigurasi File Server sebelumnya, yang dilanjut dalam postingan kali ini, yaitu Tutorial Konfigurasi File Screening Management pada Windows Server 2012. Agar kalian Paham akan apa yang saya sampaikan Tolong perhatikan baik-baik Tutorial nya ya!
File Screening adalah sebuah Tool dalam File Server Resource Manager yang berfungsi untuk melakukan Filtering, sampai ke monitoring file-file yang masuk ke Suatu folder sharing. File Screening bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan Klasifikasi atau membuat tata letak file menjadi lebih rapih.

File Screening Management juga berfungsi sebagai berikut :
  1. Membuat layar file untuk mengontrol jenis file yang dapat disimpan pengguna, dan buat pemberitahuan ketika pengguna mencoba untuk menyimpan file yang tidak sah (tidak sesuai dengan rule)
  2. Membuat pengecualian penyaringan file yang memperluas fleksibilitas aturan penyaringan suatu file.
  3. Menentukan template penyaringan file yang dapat diterapkan ke volume atau folder baru dan yang dapat digunakan di seluruh organisasi.
Catatan : Pastikan kalian sudah menginstall File Server pada Windows Server yang kalian punya.

Untuk Konfigurasi File Screening pada Windows Server 2012, Silahkan ikuti caranya seperti di bawah ini, Target nya adalah melakukan Blocking File berekstensi ".*exe" pada Folder Berkas Text. 

1. Pertama, Silahkan buka File Server Resource Manager (FSRM) dengan membukanya pada Server Manager. Atau jika lebih mudahnya, tekan Logo Windows+R pada Keyboard lalu ketika '"fsrm.msc" dan klik OK untuk membuka Jendela FSRM secara langsung.


2. Selanjutnya, Jendela FSRM pun akan terbuka. Klik File Screening Management untuk melihat dropdown yang ada pada menu tersebut. Lalu klik File Group dan pilih Menu Action => Create File Group. Atau jika ingin lebih mudah, klik File Group lalu klik Kanan dan pilih Create File Group.

Hal yang penting pertama yang harus dilakukan saat membuat File Screening adalah membuat File Group terlebih dahulu. Kemudian barulah membuat Template. Ketiga, Baru File Screening.

File Group : Berisi berbagai Grup dengan isi ekstensi serta pola nama suatu File yang di Exclude maupun yang di Include.



3. Ketika anda menekan/mengklik Create File Group, akan muncul Pop up. Pop up ini berisi Konfigurasi File Group apa yang akan kita buat. Selanjutnya saya akan melakukan Block ekstensi file ".exe" serta memperbolehkan file berekstensi ".txt".

Untuk menambahkan yang di Include masukan Ekstensi file yang dipilih pada Bagian Files to Include (2) lalu klik Add untuk menambahkan Ekstensi tadi (3). Sedangkan untuk menambahkan yang di Exclude masukan Ekstensi file yang dipilih pada Bagian Files to Exclude (4) lalu klik Add(5). Klik OK untuk menyimpan Konfigurasi Group yang sudah dibuat tadi.

File Group Name : Bagian ini bisa kalian isi sesuai kebutuhan.

Files to Include/Exclude : Ekstensi/Pola nama Suatu File yang akan di Screening. Contohnya : "*.docx", "*.pdf ".

Catatan : Di dalam Screening ada Active Screening serta Passive Screening. Active Screening akan melakukan Block pada File yang di Include di Group File. Sedangkan Passive Screening tidak akan melakukan Block pada File yang di Include/Exclude di Group File.



4. Selanjutnya jika kalian kembali ke Jendela FSRM di bagian File Group maka Group yang baru dibuat tadi akan terlihat. Untuk tampilan nya bisa kalian lihat kurang lebih seperti ini.


5. Sesuai yang saya tuliskan sebelumnya (Lihat langkah no. 2) Selanjutnya kita akan membuat File Screen Template. Untuk membuat File Screen Tempate baru anda bisa memilih/mengklik File Screen Template lalu klik Menu Action => Create File Screen Template. Atau bisa dengan cara lain seperti mengklik kanan File Screen Template lalu pilih Create File Screen Template.


6. Ketika mengklik Create File Screen Template maka Pop up akan muncul. Pop up ini berisi Konfigurasi File Screen Template apa yang akan kita buat. Mengikuti dari Target yang saya buat disini saya membuat Screening bertipe Aktif dan mengambil konfigurasi dari Group "Screening Aplikasi".

Hal yang harus ditentukan saat membuat File Screen Template :
  1. Nama dari Tempate yang akan dibuat. Disini saya membuat nama dari Tempate ini menjadi "Filter ekstensi exe"
  2. Selanjutnya adalah Tipe dari Screening yang akan dilakukan. Seperti dari yang saya jelaskan sebelumnya, ada 2 Jenis tipe Screening (lihat langkah no. 3)
  3. File Groups, maksudnya kita disuruh memilih Group File apa yang akan ditambahkan ke dalam Template.
Catatan : Karena Jenis Screening nya Active, maka Ekstensi yang ada di Group File ( "*.exe" ) akan di Block. Sedangkan untuk Ekstensi ("*.txt") nya akan dilewati/diizinkan.



7. Selanjutnya, masuk ke dalam tab Event Log. pada Tab ini kita bisa mengatur apakah Sistem akan melakukan pengiriman Warning/peringatan ke Event Log (bisa dilihat di Event Viewer) dengan mengklik/mencentang "Send warning to event log".  Klik OK untuk menyimpan Template yang sudah dibuat.


8. Selanjutnya, anda akan bisa melihat Template tersebut sudah jadi dan bisa melihatnya. Untuk Tampilanya kurang lebih seperti ini.


9. Selanjutnya, yang terakhir. Kita membuat File Screening. Pilih/klik File Screening, kemudian pilih menu Action => Create File Screen. Atau bisa dengan mengklik Kanan File Screen lalu pilih Create File Screen.


10. Ketika kita mengklik Create File Screen, Maka pop up akan muncul. Pop up ini berisi konfigurasi File Screen apa yang akan dibuat. Pertama kita tentukan Lokasi Folder (Path) yang akan di Screening. Cukup dengan mengklik Browse.


11. Ketika anda mengklik Browse, maka akan muncul Pop up baru. Dalam pop up ini kalian disuruh untuk memilih Folder yang akan di Screening. Disini saya memilih Folder Berkas Text (Sesuai dengan target yang saya buat). Klik OK untuk memilih Folder tersebut.


12. Setelah mengklik OK, maka Pop up baru tadi akan tertutup dengan Sendirinya. Selanjutnya Path dari Folder "Berkas Text (Folder yang saya pilih)" akan dibuat secara otomatis (1). Setalah itu, kita lanjutkan dengan memilih Template yang dibuat tadi (Filter ekstensi exe) untuk diaplikasikan kedalam Folder "Berkas Text". Kemudian di bagian Summary, akan terlihat isi dari Template yang saya pilih (Filter ekstensi exe). Klik Create untuk menyimpan konfigurasi File Screen yang dibuat (3).


13. Selanjutnya saya akan melakukan Verifikasi dengan mencoba memindahkan/meng-copy file berekstensi "*.exe" ke dalam Folder "Berkas Text" yang dimana Folder tersebut sudah dikonfigurasi File Screening agar memblock file berekstensi .exe tersebut.


14. Seperti dari target yang saya Harapkan, File tersebut tidak bisa dipindahkan ke Folder "Berkas Text" karena, Folder tersebut tidak menerima file berekstensi ".exe".


15. Kemudian saya Verifikasi lagi dengan memindahkan/meng-copy file yang berekstensi ".txt", Yakni "Sekedar Text.txt" ke Folder "Berkas Text".



16. Sesuai target, File tersebut berhasil dipindahkan ke Folder "Berkas Text" karena memang file yang berekstensi ".exe" sajalah yang diblock.

Sekian dari Tutorial yang dapat saya sampaikan, untuk kurang-lebihnya saya mohon maaf. Terima Kasih telah mengunjungi dan mempercayai Blog ini.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top