[FSRM] Tutorial Konfigurasi Quota Management di Windows Server 2012

October 26, 2018

Halo.. dalam postingan kali ini admin akan melanjutkan tutorial sebelumnya, yakni Tutorial Konfigurasi File Server. Postingan ini akan membahas Konfigurasi Quota Management pada Windows Server 2012.

Quota Management adalah sebuah Tool yang terdapat pada File Server Resource Manager (FSRM) Windows Server. Quotra Management berfungsi untuk membuat atau memanajemen aturan penyimpanan total yang terdapat pada suatu folder yang di pilih (Kuota). Quota Management digunakan untuk membatasi penggunaan total ukuran file yang terdapat pada folder-folder tertentu, hal ini tentu memaksimalkan fungsi Harddisk sebagai penyimpanan File Server.

Catatan : Pastikan kalian sudah menginstall File Server pada Windows Server yang kalian punya.

Untuk Konfigurasi Quota Management pada Windows Server 2012, Silahkan ikuti caranya Seperti di bawah ini.

1. Pertama, Silahkan buka Program File Server Resource Manager (FSRM) yang ada di Server Manager. Atau untuk lebih cepat, silahkan ikuti cara saya seperti ini. Tekan Windows + R pada Keyboard, kemudian ketikan frsm.msc kemudian tekan Enter untuk membuka jendela FSRM secara langsung.


2. Selanjutnya, Jendela FSRM pun akan terbuka. Klik Quota Management untuk melihat dropdown yang ada pada menu tersebut.


3. Untuk membuat Quota pada suatu Folder, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat Template yang tepat untuk Folder tersebut. Dalam tahap ke-3 ini, kita akan membuat Template nya terlebih dahulu. Caranya bisa dengan memilih Menu Action => Create Quota Template, atau bisa dengan mengklik kanan Quota Template lalu pilih Create Quota Template.


4. Ketika mengklik Create Quota Template, maka Pop up akan muncul. Hal paling penting dalam membuat template kuota adalah Template Name, Limit, Hard/Soft Quota. Berikut penjelasan bagian-bagian konfigurasi pada saat membuat Quota Template :
  • Template Name : Nama dari template yang akan dibuat.
  • Description : Deskripsi dari template yang akan ditampilkan. 
  • Limit : Limitasi/Pembatasan kapasitas ruang yang akan diberikan pada template yang dibuat.
  • Hard Quota : Jenis kuota yang tidak mengizinkan/memperbolehkan pengguna Folder untuk melibihi Limit yang dibuat.
  • Soft Quota : Jenis kuota yang mengizinkan/memperbolehkan pengguna Folder untuk melebihi Limit. Fungsinya ini lebih efektif untuk Monitoring Folder saja.
  • Notification Thresholds : Beberapa Notifikasi yang akan diberikan pada Admin.

Disini saya membuat Template Name, Description, Limit, Serta Notifaction Thresholds. Untuk Konfigurasi nya silahkan anda bisa contohkan seperti gambar dibawah ini. Disini Saya memilih Limit 100 MB. Untuk mengubah satuan ukuran menjadi KB,atau GB bisa klik Dropdown yang terdapat disamping kanan tulisan MB. Untuk menambahkan Daftar Notifikasi (Notification Tresholds) klik tombol Add.


5. Ketika mengklik Add, akan muncul Pop up baru. Selanjutnya hal yang harus diperhatikan adalah Generate notifications when usage reaches(%). Maksudnya, jika kita memilih angka 85 maka notifikasi akan diberikan jika Quota telah mencapai 85% dari limit yang dibuat. Karena kita memlih 100 MB tadi, maka notifikasi akan diberikan ketika 85% dari 100 MB tersebut terpenuhi/terisi kapasitasnya, yaitu 85 MB dari 100 MB.

Kemudian jika ingin memberikan notifikasi berupa Email, dapat kita konfigurasi pada bagian E-mail Message. lalu klik/centang Send e-mail to the following administrator kemudian pilih email yang akan diberikan notifikasi jika kuota telah mencapai sekian persen (disini 85%). Untuk mengaktifkan E-mail Message, sebelumnya server harus sudah dikonfigurasi SMTP. Karena itu, E-mail Message saya lewati.


6. Selanjutnya ada Tab Event Log. pada tab ini kita bisa mengkonfigurasi apakah sistem akan memberikan log berupa warning/peringatan ke event log (bisa dilihat di Event Viewer nantinya) atau tidak, cukup dengan mengklik/mencentang Send warning to event log. Kemudian anda pun bisa mengubah pesan warning nya tersebut di bagian Warning Message.


7. Selanjutnya pada Tab Command. pada Tab ini, kalian dapat menggunakan command prompt atau script yang anda punya jika kuota mencapai sekian persen (disini 85%). Untuk mengaktifkannya, klik/centang Run this command or script. Pada step ini admin lewati karena tidak tau banyak apa saja kelebihanya secara mendalam.


8. Selanjutnya ada Tab Report. Pada tab ini, kita bisa mengkonfigurasi apakah sistem akan membuat Report/Laporan secara otomatis. Caranya dengan mengklik/mencentang Generate Report. Selanjutnya anda pilih Quota Usage. Kemudian klik OK untuk menyimpan konfigurasi Threshold ini.


9. Kemudian anda akan dapat melihat Threshold tadi sudah ditambahkan kedalam List. Untuk tempilan nya, kurang lebih akan seperti ini. Jika semua sudah dirasa benar dan selesai, klik OK untuk menyimpan Template ini.


10. Selanjutnya anda akan dapat melihat Template tadi sudah dibuat dan tampilan nya, kurang lebih akan seperti ini, Jika sudah berarti anda sudah bisa lanjut ke tahap selanjutnya.


11. Tahap selanjutnya adalah membuat Quota Folder. untuk membuatnya, klik Quota lalu pilih Menu Action => Create Quota. Atau bisa dengan cara Klik Kanan Quota kemudian pilih Create Quota. Maksud dari membuat Quota Folder adalah menerapkan Quota Template yang sudah dibuat pada Folder Tertentu.


12. Kemudian akan muncul Pop up yang kurang lebihnya seperti ini. Untuk konfigurasi nya silahkan perhatikan baik-baik kalimat dibawah ini.
  • Hal yang harus dilakukan pertama adalah menentukan apakah Quota tersebut disimpan pada 1 Path/Direktori saja (Create Quota on Path) atau pada  semua sub-folder yang ada pada Direktori utama (Auto apply template and create quotas on exiting and new subfolders).
  • Kedua adalah membuat/menentukan Folder Directory yang akan dipilih. Anda bisa membuat/menentukan Direktori dari Folder yang dipilih menggunakan tombol BrowseFolder Directory : Lokasi folder, contoh : D:\Folder\Sub-Folder
  • Ketiga, menentukan Template yang akan diterapkan pada Folder yang nanti nya akan dipilih, Pada bagian Derive properties from this quota template. Kemudian silahkanlah pilih Template yang akan digunakan. Disini saya memilih Template yang saya buat sebelumnya, yakni Kuota Aplikasi.


13. Jika kita mengklik Browse maka akan muncul Pop baru. Disini kita disuruh memilih Folder yang akan diterapkan Quota nantinya. Disini saya memilih Folder Aplikasi yang ada pada Drive D:. Seharusnya direktori nya nanti adalah D:\Aplikasi. Kemudian klik OK untuk memilih Folder tersebut.


14. Kemudian konfigurasi nya akan bisa anda lihat kurang lebih seperti ini. Klik Create untuk membuat Quota tersebut.


15. Selanjutnya, yang akan saya lakukan adalah melakukan Verifikasi apakah Quota pada Folder Aplikasi dapat berjalan. Karena saya membuat Quota pada Folder Aplikasi maka saya akan membuka Folder Aplikasi tersebut pada Windows File Explorer.


16. Kemudian jika sudah membuka Folder yang dipilih Quota nya, anda coba Hitung berapa total kapasitas yang digunakan oleh File-File yang digunakan pada Folder Aplikasi. Pada kasus yang saya alami, Folder Aplikasi mempunyai total ukuran 92,6 MB.

Karena Quota nya cuman hanya sampai 100 MB, maka Jika memindahkan File yang berukuran lebih dari 6,3 (100-92,6)MB ke Folder Aplikasi hasilnnya akan tidak bisa karena sudah melebihi batas Quota yang digunakan (Hard Quota), untuk memverifikasi hal tersebut mari kita cek pada tahap selanjutnya.


17. Selanjutnya, Disini saya mempunyai File yang berukuran 18,7 MB. Saya akan memindahkan nya pada Folder Aplikasi. Apakah bisa ?


18. Yap, hasilnya tidak bisa. Hal ini terjadi karena File yang saya pilih mempunyai ukuran yang lebih besar dari kapasitas sisa folder Aplikasi, Yakni hanya 6,3 MB. Sedangkan file yang saya punya ini mempunyai ukuran 18,7 MB. Untuk memindahkan nya ke folder Aplikasi dibutuhkan sekitar 12,4 MB lagi.

Sekian dari Tutorial yang dapat saya sampaikan, untuk kurang-lebihnya saya mohon maaf. Terima Kasih telah mengunjungi dan mempercayai Blog ini.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top