Instalasi dan Konfigurasi Mail Server MailEnable di Windows Server 2016

July 30, 2019

Pada hari ini saya akan mempraktekan bagaimana cara menginstal dan mengkonfigurasi mail sever dengan menggunakan aplikasi MailEnable pada Windows Server 2016. Berikut ini dia pembahasan nya.



Pernahkah kamu mengirim surat elektronik? pastinya pernah kan. Surat elektronik atau biasa disebut e-mail merupakan surat digital yang dikirim melalui jaringan internet. Salah satu penyedia layanan email terpopuler salah satunya adalah Google Email.

Secara sederhana, Mail Server bertujuan untuk melayani pengiriman, penerimaan dan penyimpanan surat elektronik. Protokol yang digunakan diantara lain :
  1. SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
  2. POP3 (Post Office Protocol 3)
  3. IMAP (Internet Message Access Protocol)
Langkah-langkah Instalasi MailEnable dan Konfigurasi nya

1. Pertama pastikan IP Address dari Windows Server 2016 sudah statik, tidak lagi menggunakan DHCP. Dan pastikan Hostname sudah diatur (opsional). Selanjutnya atur juga DNS Server mengarah ke localhost atau IP Windows Server 2016 nya.


2. Pastikan sudah menginstal OS Windows Server 2016. Selanjutnya buka aplikasi Server Manager > Pilih Add Roles and Features.


Selanjutnya pilih server nya



3. Tambahkan fungsi DNS Server dan Web Server pada Windows Server 2016. Caranya centang "DNS Server" dan "Web Server (IIS)" pada bagian Server Roles.


4. Instal pula aplikasi .NET Framework versi 3.5 dan Telnet Client. Caranya centang .NET Framework 3.5 dan Telnet Client pada bagian Server Features. Telnet Client digunakan untuk meremote mail server.


5. Sebelum menginstal roles dan features pada server. Perhatikan banner berwarna kuning dan klik edit source path untuk mengubah letak instalasi netframework 3.5 ke penyimpanan lokal selain C:.


6. Setelah menginstal semua bahan yang diperlukan, buat Forward Zone dan hostname dari DNS yang mengarah ke localhost. Disini saya mempunyai zone bernama "dens.com" dan hostname nya "mail.dens.com" yang mengarah ke IP lokal.


Kemudian tes apakah hostname sudah bisa di resolve ke IP dengan menggunakan aplikasi nslookup.


7. Selanjutnya unduh aplikasi MailEnable pada situs https://www.mailenable.com/download.asp. Pilih MailEnable varian standard.


8. Setelah proses unduhan selesai, selanjutnya instal program mailenable tersebut. Klik kanan pada mailenable kemudian pilih "Run as administrator". Akan muncul sebuah pop up yang memberitahukan akan dibutuhkan koneksi internet untuk menginstal MailEnable.



9. Pada tahap pertama instalasi mailenable akan ada  informasi dari versi program mailenable yang akan di instal. Klik Next untuk lanjut.


Selanjutnya anda akan diminta mengisi nama domain dan nama instalasi/perusahaan yang mempunyai mailenable. Pada bagian domain anda dapat mengisinya dengan domain name yang sudah dibuat pada langkah nomor 6.


Kemudian akan ada syarat dan ketentuan untuk menggunakan MailEnable, jika setuju klik Next.


Selanjutnya pilih services yang akan diinstal. Klik Next untuk melanjutkan.


Selanjunya tentukan letak MailEnable akan diinstal. Klik Browse untuk memilih lokasi penginstalan nya. Jika sudah selesai klik Next.


Selanjutnya tentukan letak dimana manajer aplikasi MailEnable akan disimpan. Klik Next untuk lanjut.


Selanjutnya atur letak konfigurasi dan data dari MailEnable akan disimpan. Klik Next jika sudah selesai dan lanjut.


Kemudian pilih nama Post Office dan Password nya. Klik Next untuk melanjutkan.


Kemudian pilih letak penyimpanan pesan dari Post Office yang sudah dibuat. Jika sudah klik Next.


Kemudian pilih nama domain dan DNS server dari domain tersebut. Atur juga pada port berapa SMTP akan berjalan. Klik Next untuk lanjut.


Kemudian akan ada konfirmasi jika MailEnable siap untuk di instal. Klik Next untuk memulai proses penginstalan.


Akan ada pop up yang memberitahukan kemajuan dari MailEnable yang sedang diinstal. Proses ini setidaknya membutuhkan waktu sekitar 1-5 menit.


Kemudian anda akan diminta untuk memilih Web Server untuk MailEnable. Klik Next untuk lanjut.


Selanjutnya akan ada pemberitahuan jika MailEnable telah sukses terinstal. Klik Finisih untuk keluar dari program penginstal MailEnable.


11. Selanjutnya menginstal port scanner, fungsi nya untuk memindai port-port yang terbuka pada alamat IP tertentu. Disini kita juga bisa mengecek services-services yang sedang berjalan pada Server dengan melihat port nya terbuka atau tidak.

Instal program Advanced Port Scanner dan jalankan "Run as administrator".

Kemudian pilih bahasa instalasi yang akan digunakan. Disini saya memilih bahasa Inggris. Untuk lanjut klik OK.


Kemudian pilih "Install" untuk menginstal program Advanced Port Scanner pada komputer. Klik Next untuk melanjutkan.


Selanjutnya akan ada persetujuan lisensi. Pilih I accept the agreement. Klik Install untuk memulai proses instalasi.


Selanjutnya centang "Run advanced port scanner" dan Klik Finish untuk menutup aplikasi penginstal Advanced Port Scanner.


Setelah masuk ke program Advanced Port Scanner, atur alamat IP dan pilih rentang port yang akan di analisa. Klik "Scan" untuk memulai proses penganalisaan. Setelah selesai dapat dilihat di panel kanan terdapat informasi mengenai hostname DEANSRV yang berisi port-port yang terbuka.


Selajutnya buka MailEnable manager dan pilih post office "dean" > Mailbox > New Mailbox. Disini kita akan membuat mailbox baru dengan nama "dean", password nya, dan tipe nya user. Klik OK untuk konfirmasi.


Lakukan hal yang sama sehingga ada 2 mailbox. Dean dan Dero.


Uji Klien Menggunakan Telnet

Lakukan pengetesan pada mail server dengan mengirim email ke lokal. Lakukan telnet ke mail server dengan port SMTP 25 Caranya dengan menjalankan perintah "telnet mail.dens.com 25". Contohnya dibawah saya mengirim email ke dero@dens.com.


Selanjutnya terima email yang dikirim dengan menggunakan service POP3 pada port 110 mail server. Jalankan perintah "telnet mail.dens.com 110"

Uji Klien Menggunakan Thunderbird

Lakukan juga pengetesan menggunakan aplikasi Thunderbird. Instal program thunderbird dengan menjalankan nya dengan klik kanan lalu pilih "Run as administrator"


Selanjutnya akan ada menu selamat datang, ini bisa kita lewati. Klik Next.


Selanjutnya pilih instalasi varian "standard". Klik Next.


Kemudian ada informasi tertera letak dimana thuderbird akan di instal. Klik "Install" untuk memulai proses instalasi.


Kemudian jalankan aplikasi thunderbird dengan mencentang "Launch Mozzilla Thunderbird now" dan klik Finish.


Setelah masuk Thunderbird akan ada pengaturan masuk ke akun email. Masukan akun yang sudah dibuat sebelumnya di Mailbox MailEnable sesuaikan dengan kolom masuk di thunderbird. Setelah semua informasi masuk ke akun email sudah di isi selanjutnya klik "Continue".


Atur Incoming menjadi IMAP dan klik Done ketika selesai.


Lakukan hal yang sama untuk akun Derosihan


Setelah mengklik Done akan ada peringatan berupa bahaya tentang keamanan email yang terikirim dan diterima. Centang "I understand this risks" dan klik Done.


Selanjutnya coba menulis beberapa email untuk dikirimkan ke lokal. Klik "Write".


Atur Tujuan email akan dikirim. Karena akan dikirim ke lokal maka tujuan nya dero@dens.com. Isi bagian subjek dan  ketik isi email. Jika sudah klik "Send" untuk mengirim email tersebut ke tujuan.


Untuk mengecek ada email yang masuk, pilih menu "Inbox" pada panel yang ada di kanan. Pilih Email dan lihat isinya, apakah sesuai? untuk membalas tekan "Reply"


Ketik balasan nya dan Klik "Send" untuk mengirim.


Cek kembali pada akun dean@dens.com apakah email balasan sudah masuk ke Inbox. Jika sudah, selamat mail server anda sudah berhasil dalam mengirim email sesama lokal.


Uji Klien Menggunakan Outlook 2013

Untuk menggunakan Outlook 2013 perlu menginstal Microsoft Office. Microsoft Office menambahkan Outlook menjadi paket Microsoft Office nya. Untuk menguji klien menggunakan outlook kita harus login terlebih dahulu layaknya Thunderbird.

[Coming Soon]

Pertama, masuk ke aplikasi Outlook, kemudian klik Menu yang ada di pojok kiri atas. 
Semoga membantu dan bermanfaat. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top