Apa Itu Hypervisor?

August 10, 2019

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Hypervisor. Hypervisor ini berkaitan dengan Virtualisasi.


Pengertian Hypervisor
Hypervisor merupakan perangkat lunak yang bertugas untuk mengatur dan menjalankan mesin virtual. Mesin virtual atau Guest OS atau VM berjalan diatas Hypervisor. Hypervisor membuat suatu lapisan virtualisasi yang memisahkan sumber daya fisik seperti CPU, RAM, dan Harddisk ke mesin virtual.

Mesin yang menjalankan Hypervisor disebut Host. Sedangkan mesin yang dijalankan Hypervisor disebut Guest. Kemudian Hypervisor terbagi menjadi 2 tipe, diantaranya:

Hypervisor Tipe 1
adalah hypervisor yang berjalan langsung diatas hardware/perangkat keras tanpa ada ketergantungan dengan OS dibawahnya. Hypervisor tipe 1 ini disebut dengan Baremetal Hypervisor. Hypervisor tipe Baremetal banyak digunakan untuk keperluan Industri, karena lebih efisien dan efektif dalam mengatur sumber daya hardware.

Contoh hypervisor tipe baremetal
- VMware ESXi
- Xen Server
- Microsoft Hyper-V
- Proxmox


Hypervisor Tipe 2
adalah Hypervisor yang berjalan diatas OS. Hypervisor tipe 2 ini biasa disebut dengan Hosted Hypervisor. Hypervisor tipe Hosted banyak digunakan untuk keperluan rumahan dan lab kecil. Kelebihan Hypervisor tipe 2 ini adalah mudah di atur dan sangat mudah digunakan.

Contoh hypervisor tipe hosted
- VirtualBox
- VMware Workstation
- QEMU

Sumber

Sekian dan terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top