Catatan Hari-61 PKL

March 01, 2019


Catatan Hari Ke-61 PKL
Hari : Jum'at
Tanggal : 01 Maret 2019

Kemarin saya sempat belajar konfigurasi Ceph Deploy dan CephFS. Untuk yang Ceph Deploy tidak saya terlalu fokuskan. Hari ini saya maksudkan untuk belajar Ceph Rados Gateway (RGW).

Ceph Rados Gateway menggunakan Daemon yang bernama radosgw. Node yang terinstall radosgw memungkinkan node tersebut untuk dijadikan gateway ke Cluster (Rados). Cara kerja radosgw seperti pelayan. Pelayan (radosgw) bertugas mengantar dan menerima pesanan kan masakan ke pelanggan, sedangkan chef (cluster) menyiapkan dan memproses masakan.
RadosGW menyediakan Interface Web yang RESTful dan kompatibel dengan OpenStack Swift dan Protocol S3. Hal ini membuat Ceph sangat fleksibel dan andal.

Siang nya, sebelum jam 11 mba Rahmi meminta saya untuk membeli makan siang untuk Tim. Menunya adalah Ayam Geprek dan Ayam Penyet Yokobento. Namun sayang, saat itu Yokobento belum bisa provisioning belanjaan saya. Ayam Geprek habis, ayam Penyet juga habis. Lalu akhirnya mba Rahmi memutuskan makan siang hari ini Ayam Bakar saja.

Saat mendengar keputusan mba rahmi, saya sudah di Veny. Sebelumnya saya langsung ke Veny dari Yokobento. Selesai membeli Snack di Veny, saya langsung kembali ke Markas excellent.

Setelah makan siang, saya ada bantuan untuk membeli Jus di tempat biasa. Tempat nya di depan J&T Jalan KH. Agus Salim. Nama Toko Jus nya "Istana Buah". Setelah membeli jus, saya langsung kembali ke markas.

Sampai di markas, saya kembali melanjutkan belajar saya tentang RadosGW. Sampai akhirnya saya belajar RadosGW hanya sebatas sedikit arsitektur, installasi, dan sedikit konfigurasi. Dan saya rasa ini belum cukup dijadikan tutorial di Blog.

Sorenya saya dimintai bantuan untuk mengirim Invoice ke JNE. Setelah mengirim Invoice, saya laporan pengiriman Invoice nya. Setelah laporan pengiriman Invoice, saya baru ingat tentang bantuan dari mba Alifa untuk mengecek Baju Training. Selesai mengecek kondisi baju training, dapat disimpulkan ada beberapa baju yang cacat (2), namun yang masih oke lebih mendominasi.

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top