Teknologi Komunikasi Data dan Suara

September 23, 2018

Pada postingan kali ini kalian akan mengetahui Teknologi yang digunakan dalam Komunikasi Data serta Komunikasi Suara,


Image result for data communication and networking Teknologi Komunikasi Data

Komunikasi data adalah hubungan atau interaksi (pengiriman dan peneriman) antar device yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik yang dengan jangkauan sempit maupun dengan jangkauan yang lebih luas. Komunikasi data bisa terjadi jika ada pengirim, penerima, media transmisi data dan protokol 


Komponen-Komponen penting yang menyusun system komunikasi data, antara lain :
  • Komputer untuk memproses data.
  • Terminal atau peralatan masukan/keluaran untuk megirimkan atau menerima data.
  • Media transmisi (media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima). Media transmisi sering juga disebut saluran komunikasi
  • Prosesor komunikasi, yang mendukung pengiriman atau penerimaan data via media transmisi.
  • Perangkat lunak yang mengontrol kegiatan pertukaran informasi.
  • Perangkat pengirim mengirimkan data/informasi melalui prosesor komunikasi. Prosesor inilah yang bertanggung jawab melintaskan data/informasi ke media transmisi.
  • Pada bagian penerima, prosesor komunikasi inilah yang berperan menangkap data yang berasal dari media transmisi dan mengonversinya menjadi data/ informasi dalam bentuk yang bisa dimengerti oleh computer penerima.

Proses Komunikasi Data
Sebuah proses komunikasi data akan terjadi bila memenuhi syarat sebagai berikut :
  • Ada pengirim (sender).
  • Ada penerima (receiver).
  • Ada data yang dikirim oleh sender.
  • Ada media transmisi untuk mengirimkannya .

    Jenis-Jenis Komunikasi Data
    Jenis-jenis Komunikasi disini, dikelompokan dengan media pengirimnya secara :
    • Kabel, Contoh : Coaxial, UTP/STP, dan FO(Fiber optik)
    • Nirkabel, Contoh : Wireless, Bluetooth, NFC.

    Tujuan Komunikasi Data

    Tujuan dari komunikasi data, antara lain :
    • Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah besar efesien, tanpa kesalahan dan ekonomis dari suatu tempat ke tempat yang lain.
    • Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan peralatan pendukung dari jarak jauh (remote computer use).
    • Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi maupun sentralisasi.
    • Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai macam sistem komputer.

    Cara Menjaga Data dalam Sistem Komunikasi Data
    • Pastikan media transmisi tidak rusak
    • Pastikan Alamat IP yang mau dikirim benar
    • Lindungi kabel-kabel dari binatang perusak
    • Letakan kabel-kabel ditempat yang aman
    • Selalu rutin scan virus. Recomendasi Seminggu 3x
    • HDD yang digunakan tidak boleh Bad sector
    • Agar lebih baik, HDD yang digunakan tidak dicampur dengan game ini membuat file menjadi lemot.


    Macam Isyarat


    Hasil gambar untuk isyarat analog

    Data/informasi yang disampaikan melalui media transmisi terwujud isyarat listrik. Macam isyarat yang melalui media tersebut dapat berupa :

    1. Isyarat Digital
    Isyarat digital biasa juga disebut isyarat diskret. Isyarat ini tersusun atas dua keadaan, yang biasa disebut bit. Keadaan 1 diperoleh dengan mislanya dwakili oleh tegangan + 5 volt dan keadaan 0 diwakili oleh 0 volt. Bit merupakan istilah khas pada isyarat digital. 

    Sebuah bit dapat berupa nilai 0 (nol) atau 1 (satu). Kemungkinan nilai untuk sebuah adalah 2 buah (2¹). Kemungkinann nilai untuk 2 buah bit adalah sebanyak 4 (2²), berupa 00, 01,10, dan 11. Kemungkinan nilai untuk 3 buah bit berupa 000, 001, 010, 100, 101, 110, dan 111 (2³). 

    Secara umum, jumlah kemungkinann nilai yang terbentuk oleh kombinasi n buah bit adalah sebesar 2n buah. Sebagai contoh, dalam sistem ASCII, huruf A dinyatakan dengan 01000110.


    2. Isyarat Analog
    Isyarat analog bisa juga disebut isyarat kontinyu, karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang.

    Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog, yaitu amplitude dan frekuensi. Jika dikaitkan dengan suara, ketinggian gelombang ditentukan oleh amplitudo, yang menentukan keras tidaknya suara, sedangkan frekuensi menentukan jumlah siklus gelombang dalam satu detik, yang berimplikasi pada kenyaringan suara (melengking atau tidak).
    Isyarat analog biasa dinyatakan dengan gelombang sinus, mengingat gelombang sinus merupakan dasar untuk semua bentuk isyarat analog. Hal ini didasarkan kenyataan bahwa berdasarkan analisis Fourier, suatu isyarat analog dapat diperoleh dari perpaduan sejumlah gelombang sinus.


    Hambatan
    Hambatan ketika melakukan komunikasi data antara lain :
    • Hambatan yang bersifat teknis, yaitu pesan tidak dapat utuh diterima receiver
    • Hambatan bahasa, yaitu pesan yang kita kirimkan tidak dapat ditafsirkan secara sempurna oleh receiver
    • Hambatan bola salju, yaitu pesan semakin lama semakin membesar


    Kanal
    Pada komunikasi data, media transmisi sering dinyatakan dengan istilah rangkaian (circuit). Tergantung dari rangkiannya, suatu rangkaian dapat mengandung satu atau beberapa kanal. Kanal menyatakan sebuah lintasan satu arah untuk mentransmisikan data.

    Sebagai analogi, kanal dapat dibayangkan sebagai jalurjalur yang terdapat pada suatu jalan. Sebuah jalan bias mengandung lebih dari 1 jalur.

    Media transmisi yng hanya mengenal sebuah kanal dikenal dengan istilah jalur-sempit (baseband), sdangkan media transmisi yang terdiri atas beberapa kanal biasa disebut jalur lebar (broadband).



    Laju Data
    Berkaitan dengan kecepatan data, terdapat dua istilah yang terkadang sering dipertukarkan dan sesungguhnya berbeda. Kedua istilah yang dimaksud adalah :
    • Laju bit (bit rate).
    • Laju Baud.

    Laju bit (sering kali disebut laju data) menyatakan jumlah bit perdetik, sedangkan laju baud (sering kali disebut baud saja) menyatakan kecepatan isyarat (baik analog maupun digital) yang melalui kanal. 

    Sebuah kanal yang memiliki baud b tidak selalu mentransmisikan b bit per detik, karena masing-masing isyarat bisa saja membawa beberapa bit. Apabila setiap sebuah nilai amplitudo menyatakan sebuah bit (misalnya amplitudo positif menyatakan bit 1 dan amplitudo negative menyatakan bit 0), maka baud sama dengan laju bit. 

    Namun, bila terdapat empat macam tegangan yang digunakan untuk mempresentasikan nilai biner 00, 01, 10, dan 11 (disebut dibits). Laju bit sebesar dua kali laju baud. Jika terdapat delapan macam tegangan, isyarat dapat digunakan untuk membawa tiga buah bit. 

    Pada keadaan seperti ini, laju bit adalah sebesar tiga kali laju baud. Sebagai contoh sebuah modem dapat memodulasikan sederet bit digital dan mengalirkan 2400 bit per detik dengan menggunakan isyarat berlaju sebesar 600 baud.



    Related image
    Teknologi Komunikasi Suara

    Komunikasi audio/suara adalah komunikasi yang menggunakan frekuensi radio sebagai media pengiriman data, data yang dikirimkan berupa suara yang kemudian diubah menjadi sinyal radio dan diterima receiver untuk kemudian diubah lagi menjadi suara lewat bantuan speaker. Contoh komunikasi audio.


    Syarat Komunikasi Suara
    • Pengirim (Tranceiver), Pihak yang mengirimkan informasi, misalnya pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah membangkitkan berita atau informasi dan menempatkannya pada media transmisi.
    • Media Transmisi, Media yang digunakan untuk menyalurkan (mengirimkan) ketempat tujuan (penerima), misalnya saluran fisik (kabel), udara dan cahaya.
    • Penerima (Receiver), Pihak yang menerima informasi, misalnya pesawat telepon, telex, terminal, dan lain-lain. Tugasnya adalah menerima berita atau informasi yang dikirimkan oleh pengirim berita.

    Jenis Komunikasi Suara
    Jenis-jenis komunikasi suara, antara lain :

    • Komunikasi siaran radio / radio broadcasting, Informasi dipancarkan ke segala arah dan siapapun diperbolehkan menerima informasi tersebut. Dan informasi yang dikirimkan bersifat umum. Contoh : Radio
    Image result for RADIO

    • Komunikasi radio amatir, Informasi dipancarkan kesegala arah tetapi jumlah pengirim dan penerima informasi terbatas pada mereka yang mempunyai izin beroperasi. Informasi bersifat pribadi. Contoh : ORARI.
    Hasil gambar untuk orari

    • Komunikasi radio 2 arah, Informasi terbatas pada pengirim dan penerima yang beroperasi dengan saluran / frequensi / gelombang yang sama dan jarak jangkauannya terbatas sehingga sifat pribadinya dapat terjaga. Contoh : Walkie-Talkie
    Gambar terkait

    • Komunikasi radio antar penduduk / citizen band, Hubungan komunikasi bersifat pribadi, jangkauannya terbatas dan kerahasiaan tidak terjamin karena semua pesawat penerima sistem komunikasi dapat menerima informasi yang disampaikan. Contoh : RAPI, Intercom.
    Gambar terkait

    • Komunikasi radio panggil / paging system, Digunakan untuk memanggil penerima yang merupakan pelanggan dari pengirim, jarak jangkauannya terbatas. Contoh : Pager f. Komunikasi telpon Bersifat pribadi murni / niaga, jumlah informasi yang disampaikan tidak terbatas, kerahasian terjaga, jarak jangkauannya paling luas. Menggunakan manajemen pertukaran. Contoh : Telephone dial.
    Gambar terkait

    • Komunikasi telepon, Bersifat pribadi murni / niaga, jumlah informasi yang disampaikan tidak terbatas, kerahasian terjaga, jarak jangkauannya paling luas. Contoh : Handphone.
    Hasil gambar untuk handphone


    Hambatan dalam Melakukan Komunikasi Suara

    Hambatan dalam melakukan komunikasi suara, antara lain :
    • Suara yang tidak dapat diterima dengan baik karena pengaruh sinyal.
    • Suara menjadi berbeda.

    Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang bersamaan.


    Sekian dari Rangkuman materi Komunikasi Data dan Suara ini, Kurang lebih nya mohon maaf. Terima Kasih.

    Related Posts

    0 komentar

    Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

        # Back to Top