[Remote Desktop] Tutorial Remote Komputer Menggunakan Chrome Remote Desktop

September 23, 2018

Halo sobat denstorial, kali ini admin berkesempatan untuk membagikan ke kalian Tutorial Remote Komputer Menggunakan Chrome Remote Desktop. Tutorial ini mungkin akan membuat kalian sedikit bingung, untuk karena itu silahkan disimak ya gan..
Related image
Chrome Remote Desktop dibuat oleh Google. Aplikasi Chrome ini berguna untuk melakukan Remote Desktop Jarak Jauh, tentunya memakai Koneksi Internet. Chrome Remote Desktop diperuntukan untuk kalian yang tidak mau ribet dikala sedang membantu teman membuat Tugas lah ini lah..

Keuntungan lain Remote Desktop adalah Installasi nya yang mudah dan Multi Platform Crossing yang membuat nya Simpel dan Fleksibel. Kerugian nya ialah Kita harus punya Koneksi ke Internet untuk melakukan kegiatan Remote, juga jika Komputer yang akan diremote tidak mempunyai koneksi Internet maka juga tidak bisa di Remote.

Alat dan Bahan
  • Komputer
  • Koneksi ke Internet
  • Google Chrome (Versi Terbaru)
  • Chrome Remote Desktop (Versi Terbaru)
  • Chromeremotedesktophost.msi
Tutorial yang akan saya bagikan ini dibagi menjadi 2, yakni Konfigurasi pada Komputer yang akan diremote dan yang meremote. Ditambah dengan Tutorial Remote Komputer menggunakan Chrome Remote Desktop Android.

A. Konfigurasi pada Komputer yang diremote
0. Sebelumnya, Silahkan anda Install terebih dahulu Chrome versi Terbaru, jika sudah punya silahkan buka Program Chrome nya. Selanjutnya Pastikan Chrome kalian sudah terdaftar Akun Google dan Nyalakan Sinkronisasi Otomatis. Caranya buka chrome://settings kemudian klik Sync as "Nama depan akun anda" Seperti ini.

0.1 Selanjutnya anda akan bisa melihat kebijakan yang akan dilakukan Chrome Sync, klik "Ok, got it" untuk menyetujui kebijakan tersebut.

0.2 Selesai, Sinkronisasi pun sudah mulai berjalan. Semua aktifitas(Baca Kebijakan nya) yang dilakukan di Chrome akan dicatat dan di sinkronisasi dengan Perangkat Lain.

Balik ke Topik Utama

1. Selanjutnya kita akan mencari Chrome Remote Desktop menggunakan Google Search. Selanjutnya klik Chrome Desktop Jarak Jauh atau bisa klik Link ini Disini.
Hasil pencarian menggunakan bahasa Inggris mungkin akan berbeda.

2. Jika sudah selesai Loading, maka akan muncul Sebuah Ekstensi Chrome yang bernama Chrome Remote Desktop.

4. Nanti, akan muncul Pop up seperti ini, Jika kalian setuju klik "Add app".

5. Selanjutnya, kita akan membuka Daftar Aplikasi yang terinstall di Chrome. Caranya ketikan chrome://apps di Address bar.

6. Nanti akan muncul Aplikasi Chrome Remote Desktop yang sudah diinstal Tadi. Klik Aplikasi tersebut.

9.  Jika sudah selesai, Klik Get Started pada bagian My Computers.

10. Tahap selanjutnya adalah Mengaktifkan Koneksi Remote Desktop pada Komputer yang diinstal Chrome Remote Desktop ini Agar bisa meremote atau diremote Komputer Lain.


11. Selanjutnya akan muncul Pop up seperti ini, Klik Accept dan Install untuk menginstall Chrome Remote Desktop Host Installer.


12. Nanti kalian akan melihat Tugas Unduhan berupa chromeremotedesktophost.msi Tunggu proses unduhan selesai, Kemudian Jalankan Program tersebut dengan mengklik 2x.

Jika muncul pop up seperti ini, Klik Yes. Untuk mengizinkan Program tersebut menginstall chromeremotedesktophost.msi tadi.

13. Selanjutnya buka kembali Aplikasi Chrome Remote Desktop, dan sekali lagi aktifkan Remote Desktop Connection.

14. Selanjutnya akan ada peringatan bahwa Remote Desktop Connection untuk komputer ini telah menyala. Tolong cek apakah komputer akan sleep jika berada dalam keadaan idle. Klik OK untuk melanjutkan.

15. Sebelum bisa diremote Komputer harus mempunyai PIN Terlebih dahulu. Gunanya PIN ini tidak lain untuk Pengamanan. Buat PIN Seperti di bawah ini (contohnya). Syarat minimum nya paling sedikit terdiri dari 6 digit dan anda tidak boleh memasukan huruf atau simbol, contoh : 123456 atau 678543. Masukan kembali PIN yang ditentukan sebelumnya di bagian Re-Type PIN. Jika sudah selesai Klik OK.

16. Selesai sudah Konfigurasi untuk Komputer yang akan diremote. Lanjutkan Konfigurasi dengan Komputer yang meremote.



 B. Konfigurasi pada Komputer yang meremote
Konfigurasi yang akan dilakukan pada komputer yang meremote ini hampir sama dengan yang diremote. Silahkan kalian lakukan Langkah-langkah sebelumnya dari Langkah ke-1 sampai ke-9 dan jangan lupa untuk melakukan Sinkronisasi Akun Google yang sama, contohnya tadi kan komputer yang diremote menggunakan akun Google Dean, maka pada komputer yang meremote pun harus menggunakan Akun Google Dean juga.

1. Selanjutnya anda pilih Komputer yang akan Diremote. disini saya akan meremote Server Windows.

2. Kemudian Masukan PIN yang sudah dibuat untuk remote ke Komputer Tersebut. Klik Connect untuk memulai Remote.

3. Selanjutnya akan tampil peringatan melayang jika remote desktop sedang berjalan.



Remote Komputer Menggunakan Chrome Remote Desktop Handphone
Jika komputer meremote komputer mungkin sudah terlalu biasa, Sekarang kita coba menggunakan Handphone. Caranya mudah, Pertama lakukan Konfigurasi Pertama (yang A.).
CATATAN : Perlu dicatat Handphone yang akan meremote harus mempunyai akun google yang sama digunakan oleh yang diremote.

1. Selanjutnya Download Aplikasi Chrome Remote Desktop untuk Android di Play Store. Atau anda bisa mengklik linknya Disini.


2. Kemudian buka Aplikasinya. disini kalian bisa meilhat Komputer apa saja yang bisa diremote. Untuk memulai Remote klik Komputer yang akan diremote.


3. Kalian akan dimintai PIN, masukan PIN yang kalian punya untuk remote ke komputer tersebut. Kemudian klik Connect


4. Jika sudah terkoneksi maka tampilan nya akan seperti ini.
(Abaikan Notif Baterai Sekaratnya gan XD)

++ Tampilan nya bisa anda perbesar Juga lho.. dengan cara mencubit layar



Sekian dari yang dapat saya sampaikan, jika ada yang kurang/salah anda bisa berkomentar untuk membuat blog ini semakin bagus kedepanya. Terima kasih telah mempercayai dan mengunjungi blog ini.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top