15 Perintah sconfig pada Windows Server 2012 R2

July 28, 2018

Hasil gambar untuk Powershell
Oke.. dalam kesempatan untuk blogging kali ini saya akan memberikan Informasi Tentang 15 Perintah Server Config / sconfig pada Windows Server 2012 berikut Informasinya

Sekilas Mengenai CMD
CMD(Command prompt) adalah sebuah perintah DOS yg ada di windows yg bisa kita akses secara online atau offline, command prompt sendiri merupakan sebuah fitur yg cukup menarik dan memiliki fungsi yg cukup berguna.

Sebelum memulai kita harus terlebih dahulu masuk ke cmd, Caranya mudah, yakni dengan Menekan tombol Windows+R pada Keyboard lalu ketik cmd dan pilih Run. untuk masuk ke Server Configuration ketik saja sconfig pada command prompt.


Server Configuration
1. Tampilan command sconfig


2. Tampilan Opsi 1 : Domain Or WorkGroup, Berfungsi untuk bergabung atau join dengan domain atau workgroup.


2. Opsi 2 : Computer Name, Berfungsi untuk mengubah nama Komputer.

4. Opsi 3 Add Local Administrator, Berfungsi untuk menambah user pada computer, Seperti 2 komputer dalam 1 komputer, yang berbeda antar user adalah isi software dan lainnya.

5. Opsi 4>1
6. Opsi 4>2
7. Opsi 4>3




8. Opsi 5 : Windows Update Setting, Fungsinya adalah untuk meng aktifkan/menonaktifkan install Update dangan cara manual/otomatis.jika ingni mengupdate windowservernya secara otomatis dangn mengetik "A ". Sedangkan "M" untuk mamngaktifakan update windows server secara manual






9. Opsi 6 : Download Update Setting,  berfungsi agar si windows mengdonwload update dan menginstall nya. disana kita bisa mengubah pilihan update all atau reccomended


10. Opsi 7 : Remote Desktop, berfungsi untuk mengatur Remote Jarak jauh, jadi kita bisa atur agar komputer kita bisa dikendalikan oleh perangkat lain secara jarak jauh dengan suatu jaringan.




11. Opsi 8 : Network Setting, berfungsi untuk mengatur DNS, IP, dan Gateway







12. Opsi 9 : Date and Time, berfungsi untuk mengubah tanggal dan waktu server


13. Opsi 10 : help improve the product with CEIP not paticipating fungsiny adalah untuk bergabung ke Costumer Experience Improvement Program.yang memiliki tujuan apa bila terjadi masalah pada windows maka datana akan di kumpulkan oleh microsft lalu dikembangkan lagi olehnya. yes untuk bergabung no untuk tidak bergabung.



14. Opsi 11 : Windows Activaton, Fungsinya untuk layanan aktivasi windows tersebut contunya instlall product key,malihat info license ,aktivasi windows.




15. Opsi 12 : Log Off User, Fungsinya adalah untuk keluar dari User yang terhubung.

16. Opsi 13 : Restart Computer, Berfungsi Untuk Merestart windows server.

17. Opsi 14 : Shut Down Computer, Funsinya adalah untuk men shut down/mematikan server



18. Opsi 15 : Exit to Command Line, fungsinya adalah untuk keluar dari mode sconfig dan kembali ke mode administrator.

Sekian, dan JIka ada yang Kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Semoga Membantu dan Bermanfaat untuk Anda. Terima Kasih telah berkesempatan mengunjungi Blog ini. 

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top