Keragaman Komunikasi

July 19, 2018

Gambar terkait
Halo.. Sahabat Bloggers Kali ini saya akan menjelaskan apa itu "Keragaman Komunikasi". Sebelum mengetahui apa itu Keragaman Komunikasi ada baiknya tau apa yang disebut "Komunikasi". "Komunikasi adalah "suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat berinteraksi dan saling berbagi maupun menggunakan informasi".

Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan(gerakan-gerakan tubuh tertentu) atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak."

Keragaman Komunikasi
Keragaman Komunikasi Terbagi Menjadi 4, diantaranya :
1. Komunikasi Audio
2. Komunikasi Video
3. Komunikasi Audio Video
4. Komunikasi Data



1. Komunikasi Audio


Hasil gambar untuk gambar mengenai komunikasi


Komunikasi Audio adalah jenis komunikasi yang memungkinkan mengirim dan menerima/memberi informasi dalam bentuk suara saja. Atau bisa disebut Komunikasi yang  hanya dapat didengar saja. Komunikasi Audio Secara Elektronik, sekarang banyak digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.



Macam-Macam Audio
  1. Audio visual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dan sebagainya.
  2. Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men- download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kitadapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.
  3. Audio response Suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.
  4. Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya yang berjudul Fantasia.
  5. Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.
Perangkat Audio
  1. Audio CODEC : melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth
  2. Audio Controller : melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain.
  3. Mikropon & Speaker : merupakan perangkat input/output dalam sistem audio.
Media komunikasi audio adalah suatu alat komunikasi yang dapat ditangkap melalui alat pendengaran. Contoh : telepon, radio dan tape recorder.
  1. Telepon, adalah media komunikasi audio yang digunakan dalam komunikasi antar personal yang banyak digunakan dalam lingkup kantor
  2. Radio, Sistem Radio (Gelombang Analog Audio) satu arah dengan jarak jauh, pada sistem ini bentuk data berupa suara. 
  • Untuk mengubah suara menjadi signal listrik dengan Frequensi Suara menggunakan peralatan yang disebut mirophone. Signal listrik yang dibangkitkan tersebut masih lemah, untuk itu perlu diperkuat dengan menggunakan amplifier.
  • Signal suara kemudian dicampur dengan frequensi pembawa (Modulasi).
  • Signal modulasi kemudian disalurkan mela-lui kabel Coaxial ke antena lalu dipancarkan.
  • Signal modulasi yang dipancarkan, kemudian diterima oleh antena penerima dan disalurkan ke penguat.
  • Setelah itu, kemudian signal modulasi dide-modulasi (signal suara dipisah dari signal pembawa).
  • Signal suara yang sudah terpisah dari signal pembawa, kemudian diperkuat oleh penguata (amplifier).
  • Setelah itu, dirubah menjadi suara oleh perlatan yang namanya Loudspeaker.
Keuntungan menggunakan fasilitas komunikasi audio ialah, kita bisa berkomunikasi dengan seseorang dizona yang berbeda atau tempat yang berbeda, tanpa harus berada di zona atau tempat yang bersamaan.

Contohnya :
Secara Elektronik : Voicemail atau Pesan Suara
Secara Konvesional : Berbicara Langsung


2. Komunikasi Video
Hasil gambar untuk gambar videotron

Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan. Komunikasi video adalah jenis komunikasi yang ditampilkan dengan gambar atau video bergerak tanpa suara atau komunikasi yang dapat dilihat saja dengan mata.

Macam-Macam Video



1. Video IP Adalah video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP atau format radio analog.

  • Kategori pertama adalah memancarkan video dari satu sumber ke berbagai tujuan. Pemancaran seperti ini terjadwal, sedangkan pemancaran lewat IP multicast kepada pengguna jaringan bisa secara langsung atau rekaman. 
  • Kategori kedua adalah video berdasarkan permintaan, jadi hanya satu pengguna yang ingin melihat transmisi file video yang disimpan dalam IP unicast. Video ini sebelumnya direkam dan disimpan di server. 
  • Kategori ke tiga adalah sebuah konferensi video interaktif yang bisa berlangsung antara 2 atau lebih pengguna. Ini adalah tipe video paling kompleks, dan dibutuhkan baik transmisi IP unicast bahkan di beberapa kasus multicast tergantung skenarionya masing-masing
2. Videotex Istilah yang dibuat ITU untuk menjelaskan peralatan TV yang digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat telepon atau lewat kanal pemancar.
  • Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar video.
  • Video RAM Disingkat dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.
  • Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua arah dari suatu gambar dan suara.
Perangkat Video
  • Video CODEC : melakukan fungsi kompresi sinyal video untuk penghematan bandwidth
  • Video Controller : melakukan kontrol seleksi (memilih) kamera yang ditayangkan.
  • Camera & monitor : merupakan perangkat input/output dalam sistem video
Contohnya : Videotron dijalanan yang menampilkan iklan. 


3. Komunikasi Video Audio
Image result for audio video communication
Komunikasi Audio Video adalah jenis komunikasi yang memungkinkan mengirim dan menerima informasi dalam bentuk suara dan gambar sekaligus.komunikasi yg dapat ditangkap melalui pendengaran dan penglihatan( Visual ).Komunikasi Jenis ini banyak digunakan untuk Video-Conference(Meeting lewat video)


Ciri-Ciri Komunikasi Audio Video

Karakteristik atau ciri-ciri utama teknologi media audio-visual adalah sebagai berikut:
  1. Biasanya bersifat linier;
  2. Biasanya menyajikan visual yang dinamis;
  3. Digunakan dengan cara yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perancang/pembuatnya;
  4. Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau gagasan abstrak;
  5. Persyaratan Terjadinya Komunikasi Audio
Contohnya : Acara di Televisi, Film, Video. Perangkatnya : Microphone, Layar, dan Speaker.



4. Komunikasi Data

Gambar terkait
Komunikasi Data adalah proses pengiriman informasi diantara dua titik menggunakan kode biner melewati saluran transmisi dan peralatan switching. dapat terjadi antara komputer dengan komputer, komputer dengan terminal atau komputer dengan peralatan. Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data. singkatnya, komunikasi yang mana informasi yang dikirimkan dan diterima berupa data digital. Komunikasi data merupakan gabungan dari teknik telekomunikasi dengan teknik pengolahan data. Untuk Komunikasi Data ini, terbagi menjadi 2 jenis berdasarkan media aksesnya, yaitu:
  1. Terestrial, menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
  2. Satelit, menggunakan satelit sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali
Blok Diagram Komunikasi Data

Metoda Komunikasi Data :
  1. Simplex, yaitu komunikasi satu arah, pengirim hanya bisa mengirim pesan ke penerima dan tidak dapat menerima pesan && penerima hanya dapat menerima pesan dari pengirim dan tidak dapat mengirim pesan (Contoh : Radio, Televisi, dll)
  2. Half-Duplex, yaitu komunikasi dua arah, pengirim dan penerima masing – masing dapat mengirim dan menerima pesan tetapi secara bergantian (Contoh : Walkie Talkie, Chatting, dll)
  3. .Full-Duplex, yaitu komunikasi dua arah seperti Half-Duplex, tetapi penerima dan pengirim dapat mengirim dan menerima pesan secara bersamaan dalam satu waktu (Contoh : Telepon, Video Call, dll)
Bagian yang wajib dan harus ada dalam sebuah komunikasi data adalah :
  1. Receiver / Penerima, penerima data / informasi yang dikirim oleh sender.
  2. Sender / Pengirim, pengirim data / informasi yang selanjutnya akan diterima oleh receiver.
  3. Message / Pesan, data yang dikirim oleh sender.
  4. Media Transmisi, media yang dibutuhkan oleh data / informasi yang dikirim oleh sender agar sampai ke receiver (Contoh : Kabel, udara, dll).
  5. Protocol, adalah aturan yang harus disepakati oleh dua atau lebih device agar dapat berkomunikasi (Contoh : IEEE 802.11 standar yang digunakan untuk jaringan local menggunakan wireless).
Elemen Sistem Komunikasi Data
  1. Source (sumber) : Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh : PC (Personal Computer)
  2. Transmitter (Pengirim) : Data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak ditransmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. Sebuah transmitter menyalurkan, mengkonversi dan menandai informasi sehingga dapatditransmisikan melewati sistem transmisi. Contoh : modem, tugasnya menyalurkan suatu digital bit stream dari suatu alat yang sudah dipersiapkan (Mis : PC) dan mentransformasikan bit stream tersebut menjadi suatu sinyal analog yang dapat melintasi melalui jaringan telepon.
  3. Transmission System (Sistem Transmisi) : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jaringan kompleks (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan destination (tujuan)
  4. Receiver (Penerima) : Receiver menerima sinyal dari sistem transmisi dan menggabungkannya kedalam bentuk tertentu yang dapat ditangkap oleh tujuan. ( contoh : sebuah modem akan menerima suatu sinyal analog yang datang dari jaringan/ jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream).
  5. Destination (Tujuan) : Menangkap data yang dihasilkan oleh receiver.
Media Pengiriman data




  • Media yang terpandu 
    • Kabel Twisted Pair: Kabel berpasangan, ada yang pasangan tunggal dan banyak pasangan.
    • Kabel Coaxial: Kabel yang terdiri dari 2 konduktor: 1 konduktoor didalam, 1 konduktor diluar melingkupi yang di dalam. Kedua dipisahkan oleh isolator, dan terbungkus karet pembungkus.
    • Optical fiber: Kabel yang terbuat dari kaca yang menyalurkan cahaya sebagai pembawa sinyal.
  • Media yang tidak terpandu
    • Wireless: Media pengiriman data menggunakan medium udara sebagai media penyaluran sinyal elektromagnetik.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi
http://wachidiskhak01.blogspot.com/2017/08/sekilas-kominikasi-data
http://andikmindai01.blogspot.com/2017/02/keragaman-komunikasi-dan-standar
http://tkj-komdat.blogspot.com/2016/01/keragaman-komunikasi-audio-video-audio
http://danielbastianmuhammad71.blogspot.com/
https://4urshared.wordpress.com/2017/08/08/komunikasi-data-materi-1-keragaman-komunikasi/


Sekian dari saya. bila ada yang kurang, kolom komentar selalu terbuka. Terima Kasih Telah Mengunjungi Blog ini.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top