Catatan Hari-60 PKL

February 28, 2019


Catatan Hari Ke-60 PKL
Hari :  Kamis
Tanggal : 28 Februari 2019

Hari ini saya belajar konfigurasi Ceph Deploy. Tidak hanya Ceph nya saja, Ceph Deploy juga mempunyai konfigurasi tersendiri. Konfigurasi nya seperti pengaturan repositori, versi ceph yang akan di install, dan lain-lain.

Untuk konfigurasi repositori dan versi ceph sangat membantu, dengan menggunakan ceph deploy kita tidak perlu lagi melakukan installasi ceph pada node satu persatu. Juga, menggunakan ceph deploy membantu kita untuk mengatur Cluster. Seperti menginstall atau menghapus Ceph OSD, Monitor, Metadata Server, Rados Gateway, dan Manager. Untuk konfigurasi Ceph OSD, Monitor dan kawan-kawan harus dilakukan secara manual menggunakan Ceph Monitor.

Setelah sempat mempelajari Ceph Deploy saya mulai lanjut belajar CephFS. CephFS merupakan Shared Filesystem yang dimiliki Ceph. Untuk saat ini, CephFS belum siap untuk production dikarenakan tidak stabil.

Belajar CephFS mulai dari membaca docs yang ada [disini]. Disana juga dijelaskan cara installasi nya dan penggunaan nya. Installasi yang saya lakukan pada Cluster saya berjalan lancar. Selanjutnya tinggal testing Mounting ke Client. Untuk mounting nya saya mencoba menggunakan kernel driver dan FUSE. Mounting lewat kernel driver gagal karena beberapa option mounting yang diperlukan tidak ada. Lalu saya mencoba mounting lewat FUSE. Untuk FUSE, Ceph sudah menyediakan paket nya, namanya "ceph-fuse". Mounting lewat FUSE berjalan lancar.

Setelah berhasil di mount, kemudian saya tes untuk benchmarking. Tes pertama dengan menyalin isi file berukuran 800 MiB. Kecepatan yang didapat saat menyalin adalah 3-5 MiB/s. Kalau dihitung, 800 MiB tadi akan selesai di salin dalam waktu 4-5 Menit. Pada saat itu tidak ada sama sekali client kecuali saya sendiri. Hasil yang dapat saya simpulkan saat ini CephFS pada Cluster saya kecepatan nya lambat.

Setelah mencoba CephFS, saya hapus FS nya dan menghapus Metadata Server yang menyimpan Metadata. Setelah selesai, saya mulai membuat Artikel Troubleshooting Ceph. Bagian yang baru selesai hanya kata pembuka saja.

Sore hari ini saya mengirim Invoice ke JNE seperti biasanya dan laporan pengiriman Invoice yang seperti biasanya juga.

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top