Catatan Hari-54 PKL

February 20, 2019

Catatan Hari Ke-54 PKL
Hari : Rabu
Tanggal : 20 Februari 2019

Pagi yang seperti biasa saya berangkat dari jam 07.10 dari rumah. Seperti biasa saya membeli Galon untuk setidak nya 1-2 hari sekali. Setelah membeli Galon siang nya saya membeli Jus dan ditemani dengan mas Gunawan, tujuan nya agar mas Gunawan tahu tempat membeli Jus yang biasa saya beli.

Setelah membeli Galon saya membuat Ceph Storage Cluster, konfigurasinya minimal. Hanya ada 1 OSD di setiap Node, Node nya ada 3. Monitor hanya ada 1. Sangat tidak disarankan untuk Production. Namun untuk saya yang masih pemula dalam pengunaan Ceph Storage Cluster, hal ini tidak apa-apa.

Kemudian saya mencoba untuk membuat Daemon Monitor di Node yang sedang menjalankan OSD. Dari sarannya di docs official milik ceph, hal ini tidak disarankan. Saya coba dengan menggunakan ceph-deploy namun ada Error Clock Skew setelah selesai di buat Daemon Monitor nya di Node. Pada saat itu saya baru tahu kalau ada Error yang namanya Clock Skew, saya cari di docs official ceph untuk Troubleshooting.

Inti dari masalah nya adalah Waktu tidak sama dengan Monitor A dan Monitor B. Dilihat dari Detiknya memang sama, namun kalau dilihat dari milidetik ini berbeda, Ceph masih mentolerir kalau beda 0.05 milidetik, tapi dikasus saya ini beda jauh, yakni 0.1 sekian milidetik. Pemecahan masalah nya bisa dengan mencoba mensinkronkan waktu ke NTP Server terdekat, atau bisa mengatur secara manual (ini sangat sulit). Pada kasus yang saya alami hanya ada masalah tidak bisa resolve domain, diduga dari file /etc/resolv.conf yang isi nya kosong dan tidak bisa ping ke google.com.

Setelah semua nya OK, saya mencoba untuk Menginstall Proxmox untuk dijadikan Ceph Client. Namun tidak lama setelah installasi selesai dan saya oprek sedikit. Alhasil Web GUI yang ada di Proxmox timed out :D. Sudah saya coba troubleshooting yang umum, namun tidak berhasil. Akhirnya tanpa berlama-lama menghabiskan waktu buat hal ini saya install ulang saja Proxmox nya.

Sorenya seperti biasa saya mempersiapkan amplop pengiriman Invoice dan mengirim Invoice nya ke JNE. Setelah nya baru bisa laporan pengiriman Invoice nya deh.

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top