Catatan Hari-58 PKL

February 26, 2019


Catatan Hari Ke-58 PKL
Hari : Selasa
Tanggal : 26 Februari 2019

Training VMware vSphere masih berjalan, seperti biasanya saat ada training saya membelikan sesuatu seperti Jus, Makan Siang, dan Cemilan Veny untuk peserta Training.

Mulai hari ini saya menaikan frekuensi pengecekan Olshop. Biasanya yang satu kali perjam, saya naikan menjadi satu kali per setengah jam. Tujuan nya agar setiap pesanan yang baru masuk dapat lebih cepat di proses. Selain itu, saya juga berusaha mempercepat pembungkusan buku.

Pagi nya saya mengecek sisa token listrik kantor, terlihat sisa 60rb. Jika sudah 60rb, token haruslah dibeli secepatnya. Lalu saya belajar Arsitektur nya Ceph, disana ada yang namanya CephX. CephX merupakan sistem otentikasi yang ada pada Ceph Storage Cluster. CephX menggunakan keyring dan token untuk otentikasi dan verifikasi. CephX digunakan oleh seluruh daemon Ceph. Termasuk daemon Monitor, Client, OSD, dan MDS.

Sejauh yang saya tahu, Monitor lebih merupakan "Manager" dari Ceph Storage Cluster. Penamaan monitor menurut saya salah. Ditambah lagi, dimulai dari versi Kraken, Ceph mengeluarkan daemon baru bernama Manager. Fungsi manager menyediakan web dashboard untuk ceph cluster. Namun daemon manager belum diwajibkan pada versi Kraken. Baru pada versi Luminous keatas manager diawajibkan agar cluster berjalan dengan lancar.

Siang nya saya membeli jus untuk peserta training. Setelah membeli jus, ada beberapa pesanan buku, setelah pesanan buku dibungkus, saya kirim paket buku nya ke JNE.  Setelah mengirim paket buku, saya melanjutkan belajar arsitektur nya Ceph.

Sorenya saya mempersiapkan pengiriman Invoice, setelah selesai disiapkan saya mengirim nya ke JNE. Setelah mengirim Invoice ke JNE, saya membuat laporan pengiriman Invoice nya. Training hari ini sudah selesai. Kalau training sudah selesai, seperti biasanya saya membantu bersih-bersih. Setelah bersih-bersih saya laporan pengiriman Buku.

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top