Catatan Hari-45 PKL

February 07, 2019


Catatan Hari-45 PKL
Hari : Kamis

Tanggal 07 Februari 2019

Setelah 1 Hari Mencoba OS Elementary yang diinstall di Flash Disk dan di Boot di Intel NUC Kantor Excellent, Performance yang didapat setelah dibedakan dengan yang ada di rumah pun perbedaan nya cukup signifikan.

Dibanding dengan Windows, Desktop yang ada di Elementary lebih menggoda saya, jadinya betah juga di ElementaryOS. Desktop di Elementary bisa diubah sesuka hati, tidak seperti Windows yang terbatasi pengaturan bawaan sistemnya saja. Selepas dari itu semua, kalau dilanjutin ini jurnal jadi membahas Perbedaan Windows sama ElementaryOS.

Pagi ini saya berangkat lebih pagi sedikit hehe, pagi ini macet nya sedikit bertambah dibanding hari sebelumnya. Saat sudah sampai di markas PS saya dimintai untuk tetap berada di Depan, ini maksudnya untuk menjaga-jaga apabila hal yang buruk terjadi, seperti laptop diambil dan motor di kantongin maling.

Setelah selesai menjaga di depan. Saya kembali ke tugas, pertama kemarin sudah selesai mendata Inventaris di Bawah Tangga, selanjutnya mendata Inventaris Kabel Ethernet dan Telepon diatas yang belum di data sebelumnya. Kabel Ethernet dan Telepon yang saya data juga saya rapihkan sekalian.

Setelah mendata Inventaris Kabel Ethernet dan Telepon diatas, saya langsung mendata Inventaris tersebut ke Spreadsheet. Saat mendata Inventarisnya ke Spreadsheet saya juga merevesi beberapa Data yang kurang/salah di Spreadsheet nya.

Sesudah dengan urusan mendata Inventaris Ethernet dan Telepon diatas, Siang nya saya mengupdate Artikel Ceph yang awalnya menggunakan 2 Node OSD menjadi 3 Node OSD, ini dilakukan karena Standar nya memang menggunakan 3 Node OSD. 

Selain perubahan dari isi tulisan Artikel saya juga mengubah Topologi nya. Toplogi sebelumnya terlihat berantakan, namun sekarang sudah saya update menjadi lebih enak dilihat dan tadinya yang hanya 2 Node OSD di Topologi menjadi 3 Node OSD.

Setelah selesai mengupdate Artikel Ceph Bagian 1-2, saya mempersiapakan Node-Node yang akan digunakan untuk mengetes keperluan Artikel Ceph Bagian 3, yakni RADOS Block Device. Node kemarin HDD nya ada semacam Bad Sector, saya coba perbaiki pakai fsck, namun masih saja tidak bisa booting karena Bad Sector tersebut.

Mengetahui keadaan Node-Node Sebelumnya seperti itu, saya buat Node yang baru, tentu saja Node yang baru tersebut saya langsung konfigurasikan agar bisa digunakan untuk mengetes keperluan Artikel Ceph Bagian 3. Kenapa tidak langsung saya buat Artikel Ceph Bagian 3 nya hari ini? Karena sudah sore, dan buat laporan juga.

Selanjutnya saya dimintai bantuan oleh kak Rahmi untuk membuat laporan harian, seperti laporan pengiriman Invoice dan laporan Catatan Kegiatan Harian. Laporan pengiriman Invoice harus disertakan Spreadhseet yang berisi Update Pengiriman Invoice yang sebelum-sebelumnya.

Setelah itu saya menonton beberapa Video yang ada di Channel TheLinuxMan di Youtube. Channel tersebut saya beri rating 8/10 dengan materi yang diberikan di Videonya dan 4/10 dengan manajemen Playlist Video Linux tutorialnya. Tidak hanya menonton, saya juga mendownload beberapa videonya, video yang sudah didownload saya coba tonton dirumah.


Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top