Catatan Hari-42 PKL

February 01, 2019


Catatan Hari Ke-42 PKL
Hari : Jum'at
Tanggal : 01 Februari 2019

Hari ini saya sempatkan datang ke kantor Excellent atau markas PS lebih pagi dari biasanya. Biasanya saya datang pada jam 07.40. Sekarang saya sempatkan untuk datang pada jam 07.20. Tidak sesuai perkiraan, saya datang pada jam 07.32.

Keuntungan yang dapat saya rasakan langsung saat datang lebih pagi adalah, pertama densitas lalu lintas pun sedikit berkurang dari biasanya, yang kedua saya bisa lebih siap untuk menjalani hari.

Pagi harinya saya mengecek Toko Online Excellent, mengecek apakah ada pesanan buku Excellent atau tidak. Setelahnya ada Brefing. Selesai briefing jam 09.15 an. Setelah briefing saya mendata Inventaris sekitaran ruangan bawah tangga ke lantai 2 Excellent. Di bawah tangga ada 3 Lemari. Di Sekitarnya ada beberapa laci untuk menyimpan barang dan gelas. Dan ada juga Rak kaca.

Setelah mendata Inventaris sekitaran tuangan bawah tangga ke lantai 2 kantor Excellent saya kembali ke meja saya. Baru saat itu mulai melanjutkan membuat artikel Setup Ceph bagian 2. Dari kemarin saya masih kurang yakin, saat saya praktekan tutorial setup ceph bagian 2, tepat nya setup cluster masih ada bagian dari artikel yang pada saat saya praktekan ada yang salah. Salahnya saat mengapus Cluster yang lama dan membuat yang baru. Dimulai dai deploy Monitor sampai ke OSD. Ada saja Error yang muncul, padahal sebelumnya lancar-lancar saja.

Sampai saya lakukan Recovery Backup menggunakan Snapshot, Setup Cluster berjalan lancar. Cluster nya saya hapus, lalu saya coba lagi membuat Cluster nya, pas itu Error pun muncul lagi. Error nya masih dengan yang sebelumnya.

Siangnya saya sholat Jum'at. Cuaca pada siang hari itu hujan gerimis pada saat sebelum Jum'at an. Setelah jum'at an hujan bertambah deras. Saya harus segera kembali ke markas, jikalau tidak nanti bisa terlambat makan siang bersama.

Setelah sholat Jum'at saya makan siang bersama dengan Tim Excellent, Lauk makan hari ini adalah Gudeg dengan Opor Ayam, dan ditambah dengan Lalapan, Tempe dan Tahu. Makanan yang sudah bisa memberikan kepuasan tersendiri bagi saya.

Setelah makan saya melanjutkan yang sebelum sholat jum'at. Setelah itu saya dimintai bantuan oleh kak Rahmi untuk menggunting alamat pengiriman Invoice. Tidak lama setelah selesai menggunting alamat pengiriman Invoice saya diberikan tugas harian oleh pak Affandi untuk membuat Spreadsheet yang isinya Update Status pengiriman Invoice. Kedengaran nya cukup berat, karena harus setiap hari di update. Pada saat itu saya berfikir apakah ada Website khusus untuk menangani Tracking Status Pengiriman? setelah ditelusuri di Internet ternyata ada, pilihan yang saya pilih ada 3. Yakni pengirim.com, aftership.com, dan resi.id. 

Pertama saya membuka pengirim.com, setelah dibuka ada status error kalau IP Address dari pengirim.com tidak ketemu. Pada saat itu saya menggunakan DNS Server di Synology markas PS yang mungkin di Forward ke DNS Server publik milik Google, yakni si 8.8.8.8. 

Kedua, AfterShip. Setelah jalan-jalan di AfterShip saya dapat menyimpulkan kalau AfterShip kurang begitu bersahabat dengan saya yang malas untuk membeli akun berbayar di AfterShip. Selanjutnya saya membuka resi.id, di resi.id bisa menggunakan akun Free Plan yang "Error" menurut saya. Saya memilih menggunakan Billing Free Plan, jadi masa aktif dari Akun Free Plan ini adalah 1 hari di resi.id, keesokan harinya masa aktif dari akun Free Plan bertambah +1 seiring harinya, jadi tidak pernah Expired Free Plan nya.

Sorenya saya diminta untuk mengirim pengiriman Invoice ke JNE oleh kak Rahmi, seperti biasanya setiap hari. Setelah mengirim pengiriman Invoice ke JNE, saya membuat Laporan Pengiriman nya. Setelah laporan pengiriman invoice saya membuat laporan kegiatan harian. 

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top