Catatan Hari-59 PKL

February 27, 2019


Catatan Hari Ke-59 PKL
Hari : Rabu
Tanggal : 27 Februari 2019

Kemarin saya sempat mempelajari Arsitektur nya Ceph. Setelah dibaca saya mengetahui banyak yang belum saya ketahui tentang Ceph Storage Cluster. Mulai dari cara Ceph menyimpan Objek, CRUSH, Cluster Map, Erasure Coding, dan Replication.

Setelah mempelajari Arsitektur Ceph, saya mempelajari beberapa Troubleshooting yang ada pada Ceph. Troubleshooting pada Ceph ada 3, yakni troubleshooting monitor, troubleshooting osd, dan troubleshooting pg.

Pertama saya belajar troubleshooting monitor terlebih dahulu. Monitor merupakan manager yang penting untuk mengatur cluster. Tanpa adanya monitor pada Cluster, maka tidak bisa berjalan. Cluster yang baik memiliki monitor yang berjumlah ganjil, seperti 1, 2:3. 3:5, 5:7. Ini artinya 3 monitor dalam cluster minimal harus 2 yang up dan tergabung ke quorum. Sedangkan 1 nya boleh down dan keluar dalam quorum.

Troubleshooting pertama yang saya paham adalah troubleshooting Clock Skew. Troubleshooting dasar seperti Firewall dan monitor yang tidak mau berjalan juga sudah saya pelajari.

Hari ini masih ada training, seperti biasa kalau sudah sore saya bantu-bantu bersih ruang training. Lalu sorenya saya mempersiapkan laporan pengiriman Invoice seperti biasa. Setelah disiapkan invoice di kirim dan di laporkan.

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. Terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top