[Webmin] Tutorial Menginstall Webmin di Ubuntu Server 16.04

December 26, 2018

Halo sobat denstorial, kali ini saya akan membagikan tutorial cara menginstall Webmin di Ubuntu Server 16.04 atau XenialXerus. Caranya saya buat dengan singkat, padat. jelas dan yang mudah dimengerti oleh pembaca setia blog denstorial.
Apa itu Webmin?
Webmin adalah sistem kontrol panel untuk segala jenis mesin linux. Webmin ini memungkinkan sobat untuk mengatur server sobat secara mudah dan tentunya user-friendly.

Syarat Menginstall Webmin di Ubuntu Server XenialXerus
Untuk menginstall webmin dengan mengikuti tutorial ini, ada beberapa syarat, yakni : 
  • Satu Ubuntu 16.04.3 Server atau Ubuntu Server XenialXerus
  • Akses ke Internet

Menginstall Webmin
Pertama, sobat harus menambahkan repository webmin agar memudahkan proses installasi dan update webmin menggunakan apt nantinya. Sobat bisa menambahkan repostory webmin di file sources.list yang berada di direktori /etc/apt.

Buka dan edit file sources.list di /etc/apt dengan menggunakan editor yang sobat punya, contohnya saya menggunakan editor nano, seperti ini :
sudo nano /etc/apt/sources.list
Lalu, edit dan tambahkan beberapa teks yang ada dibawah ini ke file sources.list tersebut.
/etc/apt/sources.list
 . . . 
deb http://download.webmin.com/download/repository sarge contrib
Masih bingung? Contoh nya seperti ini.


Selesai menambahkan/mengedit, simpan file tersebut dan keluar dari editor teks sobat.

Selanjutnya, download dan tambahkan Kunci PGP Webmin agar sistem ubuntu sobat mempercayai repository Webmin.
wget http://www.webmin.com/jcameron-key.asc 
sudo apt-key add jcameron-key.asc 
Selanjutnya, lakukan update agar sistem mendownload dan memperbarui daftar paket di repository.
sudo apt-get update  
Setelah update repository selesai, langkah selanjutnya adalah menginstall Webmin. Jalankan perintah dibawah ini untuk menginstall Webmin.
sudo apt-get install webmin  
Setelah proses Installasi selesai dan berjalan mulus, nanti akan keluar output yang bisa digambarkan seperti di bawah ini
Output :
Webmin install complete. You can now login to https://your_server_ip:10000 as root with your root password, or as any user who can use `sudo`.
Selanjutnya, seperti yang tertara di output diatas, masuk ke Webmin menggunakan Web Browser sobat, bisa Chrome, Edge, Safari, dll. Kemudian ketik "https://ip_server_sobat:10000" dan tekan enter. Contoh nya seperti gambar di bawah :


Kemudian, login menggunakan akun yang masuk ke dalam grup superuser atau sudo/root. Contohnya, bisa anda lihat seperti di bawah ini. Klik Sign in untuk login.


Setelah login, sobat akan dibawa ke Dashboard Webmin. Disini sobat bisa mengatur semuanya di server dengan sangat mudah dan tentunya user-friendly, ya gak? Oke, Sekian sampai disini tutorial nya. Selamat mencoba 👍



Penutup
Cukup sekian dari artikel Tutorial Menginstall Webmin di Ubuntu Server 16.04 yang dapat saya sampaikan, untuk kurang-lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih telah mengunjungi dan mempercayai Blog ini. Jika ada yang perlu ditanyakan, Jangan sungkan untuk berkomentar di bawah. Terima Kasih :)


Referensi :
https://www.digitalocean.com/community/tutorials/how-to-install-webmin-on-ubuntu-16-04
https://en.wikipedia.org/wiki/Nextcloud

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top