Tutorial Menginstall NextCloud di Ubuntu 18.04 Menggunakan NGINX, MariaDB, dan PHP

December 20, 2018

Halo sobat denstorial, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara menginstall NextCloud di Ubuntu dengan menggunakan Web Server NGINX, ditambah MariaDB, dan PHP.


Syarat-Syarat Penginstallan :
- Sistem Operasi menggunakan Ubuntu Server
- Web Server NGINX
- Server Database
- Ekstensi PHP
- Koneksi ke Internet

Tambahan : Syarat-syarat menginstall NextCloud juga dijelaskan di artikel official NextCloud, Link nya ada [Disini]. Di artikel ini juga dijelaskan cara menginstall nya 👍.

Catatan sebelum melanjutkan Tutorial :
  • Tanda "#" artinya perintah dijalankan menggunakan superuser/sudo
  • Tanda "$" artinya perintah tersebut dijalankan menggunakan user biasa yang tidak masuk ke dalam superuser.


1. Menginstall NGINX
Perrtama, kita perlu menginstall NGINX terlebih dahulu agar NextCloud dapat berjalan. Namun, jika kalian sudah menginstall NGINX telebih dahulu, lewati tahap ini. Kemudian Jalankan perintah dibawah ini untuk menginstall NGINX di Ubuntu Server sobat. Pastikan kalian menjalankan perintah nya dalam kondisi menggunakan superuser.

# apt-get install nginx -y

Setelah Menjalankan perintah tersebut, NGINX pun selesai diinstall di Ubuntu Server kesayangan sobat. Oke, kita lanjut ke tahap selanjutnya.

2. Menginstall Ekstensi PHP
Selanjutnya, kita akan menginstall Ekstensi PHP yang dibutuhkan agar Server NextCloud dapat berjalan di Server kita. Jalankan perintah dibawah ini untuk menginstall Ekstensi PHP yang dibutuhkan NextCloud. Beberapa ekstensi PHP yang dibutuhkan NextCloud dijelaskan di artikel [Disini].

# apt-get install php7.2-ctype php7.2-curl php7.2-xml php7.2-mbstring php7.2-posix php7.2-json php7.2-gd php7.2-iconv php7.2-mysql php7.2-fpm php7.2-zip -y

Pro-Tip : Pada saat menginstall ekstensi php mungkin akan ada error output "unable to locate package php7.2-blabla" Untuk mengatasi ini, jalankan perintah dibawah :

# apt-add-repository ppa:ondrej/ppa

Lalu Jalankan apt-update untuk mengupdate daftar paket (package list) yang ingin diinstall, Lalu jalankan kembali perintah menginstall php yang sebelumnya. 

Jika ada masalah pada saat penginstallan php7.2-zip, lakukan beberapa konfigurasi pada file /etc/apt/sources.list dan ubah seperti ini :


Lalu jalankan apt-update dan install kembali php7.2-zip seperti semula. 😀

3. Menginstall MariaDB
Setelah menginstall beberapa ekstensi PHP tersebut. Tahap selanjutnya adalah Menginstall MariaDB, hal ini dilakukan jika kalian belum mempunyai Server Database seperti MariaDB dan MySQL. MariaDB digunakan untuk menyimpan data pengguna/user/klien yang menggunakan Server Cloud seperti NextCloud. Jalankan perintah dibawah untuk menginstall MariaDB di Ubuntu Server sobat.

# apt-get install mariadb-server -y

Catatan : Jika terdapat error "Unable to locate package mariadb-server" artinya paket mariadb-server tidak dapat ditemukan di package list. Untuk menambahkan repository mariadb.

# apt-key adv --recv-keys --keyserver hkp://keyserver.ubuntu.com:80 0xF1656F24C74CD1D8
# add-apt-repository 'deb [arch=amd64,arm64,ppc64el] http://mariadb.biz.net.id/repo/10.3/ubuntu bionic main'
# apt-get update
# apt-get install mariadb-server -y

Tunggu Proses hingga selesai, sabar, proses penginstallan tergantung kecepatan Internet yang sobat punya, karena file installasi MariaDB cukup besar, yakni sekitaran 184 MiB. Setelah proses installasi MariaDB selesai, langkah selanjutnya adalah melakukan secure installation pada MariaDB. Jalankan perintah ini untuk melakukan secure installation tersebut.

Setelah menginstall MariaDB, Tahap selanjutnya adalah membuat database untuk digunakan NextCloud sebagai tempat menyimpan data pengguna/user/klien nya. 


4. Membuat Database NextCloud di MariaDB
Seperti yang sayaa jelaskan sebelumnya, NextCloud membutuhkan database untuk menyimpan data pengguna/user/klien NextCloud itu sendiri. Langkah Pertama, silahkan masuk ke MariaDB sobat, caranya bisa menjalankan perintah dibawah ini :

mysql -u root -p

Pada saat mengetik perintah diatas, sobat akan dimintai login dan password root MariaDB. Silahkan masukan user dan password  root yang sobat punya. Setelah berhasil login, ketikan beberapa perintah dibawah untuk membuat database bernama "nextcloud"

MariaDB > CREATE DATABASE nextcloud;

Kemudian, jalankan perintah dibawah untuk membuat user bernama "nextcloud_admin" di localhost dan menentukan password "rahasia" sebagai otentikasi user nextcloud_admin.

MariaDB > CREATE USER 'nextcloud_admin'@'localhost' IDENTIFIED BY 'rahasia';

Setelah membuat user dan database nextcloud, langkah selanjutnya adalah membuat user "nextcloud_admin" agar bisa mengakses semua yang ada di database "nextcloud";

MariaDB > GRANT ALL ON nextcloud.* TO 'nextcloud_admin'@'localhost';

Setelah itu, jangan lupa menyimpan sermua konfigurasi yang telah dijalankan dengan perintah :

MariaDB > FLUSH PRIVILEGES;
MariaDB > EXIT;

Oke, setelah mengkonfigurasi MariaDB, tahap selanjutnya adalah mendownload file NextCloud.


5. Mendownload File NextCloud
Pertama, masuk/remote Server Ubuntu sobat, bisa menggunakan SSH. Kemudian, Jalankan Perintah dibawah ini untuk mendownload file-file NextCloud.

curl -O https://download.nextcloud.com/server/releases/nextcloud-15.0.0.zip

Lalu unzip File yang didownload tadi dengan perintah : 

unzip nextcloud-15.0.0.zip

Setelah mengunnakan perintah diatas, hasilnya akan ada direktori baru bernama "nextcloud" Selanjutnya, pindahkan semua yang ada di direktori "NextCloud" ke /var/www/, caranya gunakan perintah di bawah ini :

# mv nextcloud /var/www/

Kemudian juga ubah Permissions/Perijinan yang ada di folder NextCloud serta semua turunanya dengan mengunakan perintah chmod yang di tambah option recursive.

# chmod -R 755 /var/www/nextcloud/

Dan jangan lupa untuk megubah pemilik serta grup Direktori NextCloud serta semua turunanya menggunakan perintah dibawah ini :

# chown -R www-data:www-data /var/www/nextcloud/

6. Mengkonfigurasi File NGINX dan File untuk NextCloud
Seperti yang kita tahu, file NGINX secara default akan berada di direktori /etc/nginx/. Tahap selanjutnya adalah mengedit file yang ada di direktori NGINX. Berikut ini dia langkah langkah nya,

Pertama, kita hapus terlebih dahulu file default yang ada di direktori /etc/nginx/sites-enabled/default dan /etc/nginx/sites-available/default. Perintah nya seperti di bawah ini :

rm /etc/nginx/sites-enabled/default 
rm /etc/nginx/sites-available/default

setelah itu buat file baru yang ada di direktori /etc/nginx/sites-available/ dan menamainya dengan nama "nextcloud".  Perintah nya seperti di bawah ini :

touch /etc/nginx/sites-available/nextcloud

Selanjutnya, jalankan perintah dibawah ini untuk megedit isi file tersebut dengan Template yang saya berikan dibawah ini :

touch /etc/nginx/sites-available/nextcloud

Template : 

server {
    listen 80 default_server;
    listen [::]:80 default_server;

    root /var/www/nextcloud;
    index index.php index.html index.htm;
    server_name _;

location / {
    try_files $uri /index.php?$query_string;
    client_max_body_size 1024M #Menentukan max upload file klien
    }

location ~ [^/]\.php(/|$) {

    include snippets/fastcgi-php.conf;
    fastcgi_pass unix:/var/run/php/php7.2-fpm.sock;
    fastcgi_param SCRIPT_FILENAME $document_root$fastcgi_script_name;
    }

location ~ ^(/[a-z\-]+)?/system/files/ {
    try_files $uri /index.php?$query_string;
    }
}

Selanjutnya adalah membuat symbolic link file nextcloud tadi ke direktori /etc/nginx/sites-enabled/. Perintah nya adalah ;

ln -s /etc/nginx/sites-available/nextcloud /etc/nginx/sites-enabled/

Lalu restart/reload nginx agar perubahan yang kita ubah sebelumnya sudah dikenali oleh NGINX. Ketikan perintah dibawah ini untuk melakukan hal tersebut :

# service nginx restart atau # service nginx reload

Oke, sudah hampir selesai nih sobat, kita lanjut ke tahap selanjutnya..

7. Menginstall NextCloud
Oke, untuk saat yang ditunggu-tunggu, kini saat nya menginstall NextCloud. 😁 Pertama, buka alamat IP NextCloud atau FQDN dari Server NextCloud. Contohnya seperti ini gan :


Pada halaman itu anda disuruh memasukan beberapa informasi. Berikut ini dia penjelasan parameter nya :
  • Username : Nama dari user admin yang akan dibuat. 
  • Password : Password dari user admin yang akan dibuat. 
  • Data Folder : Letak dimana semua data NextCloud akan disimpan. 
  • Database User : User pengguna Database "nextcloud" yang tadi kita buat. 
  • Database Password : Password dari User pengguna Database "nextcloud" yang tadi kita buat. 
  • Database Name : Nama dari Database 
  • Database Host : IP/FQDN dari Pemilik Server Database. Masukan Port jika menggunakan port yang tidak default.
Contoh nya :




















Selesai mengkonfigurasi yang diatas, klik Setup. Lalu masukan alamat IP Server NextCloud untuk login. Masukan user admin serta password nya yang sebelumnya kita setup tadi.

Apabila semuanya benar, maka NextCloud pun sudah bisa digunakan dan siap dipakai. Oke, hal ini juga mengakhiri Tutorial saya ini.

Penutup
Cukup sekian dari artikel Tutorial Menginstall NextCloud di Ubuntu 18.04 Menggunakan NGINX, MariaDB, dan PHP yang dapat saya sampaikan, untuk kurang-lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih telah mengunjungi dan mempercayai Blog ini. Jika ada yang perlu ditanyakan, Jangan sungkan untuk berkomentar di bawah. Terima Kasih :)

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top