Catatan Hari-3 PKL : Kesabaran yang Bermanfaat

December 07, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pada postingan ini, disini saya akan membagikan catatan kegiatan hari ke-3 PKL/Praktek Kerja Lapangan di PT. Excellent Infotama Kreasindo.
Pada Hari-3 ini Paginya tidak seperti biasanya, saya tidak mengikuti briefing karena memang tidak ada briefing. Selanjutnya, sayapun langsung keatas buat ngelanjutin tugas menginstall WordPress di Ubuntu Server menggunakan NGINX yang memang dari kemarin belum kelar juga...

Seperti biasa, buka VMware ESXi terus membuat Virtual Machine Ubuntu-Server. Setelah saya simpulkan dalam beberapa kali proses install-ulang. Proses penginstallan Ubuntu Server ini memakan waktu yang cukup lama, paling lama sampai 30 Menit dan paling cepat 10 Menit.

Kemarin banyak yang salah waktu menginstall Wordpress di Ubuntu Server menggunakan NGINX, Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan pengalaman saya pada NGINX, WordPress dan Perintah-perintah berbasis CLI di Ubuntu.

Karena banyak melakukan percobaan berulang kali, saya pun mulai paham dan hafal sendiri alur konfigurasinya. Karena mau mencoba CMS selain WordPress, saya pun dengan niat sendiri mau menginstall Drupal CMS di Ubuntu Server saya menggunakan NGINX HTTP Server. Sayapun langsung searching di Inet bagaimana caranya, dan akhirnya langsung ketemu Artikel yang bagus mengenai hal tersebut [Link : Disini]. Setelah mengikuti arahan konfigurasi, Drupal CMS pun sudah bisa diinstal. 

Karena merasa puas bisa menginstall Drupal, Selanjutnya Saya pun mencoba searching di Internet cara menginstall WordPress di Ubuntu versi 17/16 Menggunakan NGINX, kenapa saya searching hal ini? karena sudah banyak blog yang tutorial nya ngebahas cara menginstall WordPress di Ubuntu 18.0 Menggunakan NGINX dan hampir semuanya kagak ada yang bener -_- ...

Akhirnya ketemu juga artikel yang menarik tentang cara menginstall WordPress di Ubuntu versi 17/16 Menggunakan NGINX [Link : Disini]. Tapi tutorial ini membahas cara installasinya di Ubuntu versi 16.04, dalam hati saya pun berbicara "Hmm... dilihat dari komentar nya kayaknya nih tutor ada benernya" Lanjut, saya pun mencoba mengikuti arahan yang ada di artikel tersebut dan membandingkan caranya pada saat menginstall Drupal. Dan alhamdulillah setelah memerhatikan caranya saya pun berhasil menginstall WordPress di Ubuntu Server menggunakan NGINX.

Pengalaman yang dapat saya ambil hari ini adalah, ketika anda merasa hampir putus asa dan ingin menyerah dengan sesuatu sebenarnya anda sudah sangat dekat dengan hal yang ingin anda capai. (Ya memang gak semuanya ya..). Dan juga, Menyerah bukan merupakan pilihan, anda bisa memilih untuk berimprovisasi dan kembali ke jalan yang anda yakin.

Akhir kata, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan hari ini, sampai jumpa di lain waktu!

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top