Catatan Hari-7 PKL : Hari yang Cukup Menarik...

December 11, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pengalaman-pengalaman yang sudah saya didapatkan pada hari ke 6 Prakerin/PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo.


Pada hari ini, seperti biasanya, pagi itu ketika ada pak bos Masim "Vavai" Sugianto datang ke kantor, Kami pun melakukan briefing. Seusai briefing, kebetulan sekarang ada yang lagi training diatas, lalu saya tanya ke Kak Choirulloh bagaimana nasib saya, Lalu kak Choirrulloh pun bertanya kepada pak bos. Jawabanya, saya tetap akan belajar diatas. Saya cukup terkesan dengan sikap professionalitas para peserta training. Kenapa? karena, mereka tidak teralu memikirkan dengan keberadaan saya yang bisa mendengar atau menyimak isi dari Training. Bukan karena apa-apa, tapi training nya ini mahal lho... bisa sampai 4 Juta-an. Mungkin karena saya dianggap sebagai team excellent juga kali ya..., padahal cuman anak yang lagi PKL saja hehehe...

Selain itu juga, saya pun ditugaskan oleh kak Choirulloh pada jam 09 an untuk mengerjakan "Cara menginstall NextCloud menggunakan NGINX dan di enskripsi SSL", seperti biasanya tugasnya pun adalah tugas yang belum saya alami sebelumnya. Sedikit informasi, NextCloud ini hampir mirip dengan Google Drive, NextCloud digunakan untuk menyimpan data user NextCloud. Kembali ke topik, saya pun langsung searching di Internet tentang apa itu NextCloud, enskripsi SSL, dan cara kerja nya. Disaat saya sedang melaksanakan tugas tersebut, saya dipanggil oleh kak Alifa untuk turun ke bawah.

Lalu saya diberitahukan untuk oleh kak Alifa Tri Febrianti, sebut saja kak "Alifa" untuk membungkus buku excellent, untuk bahasa keren nya : Packaging Buku Excellent. Packaging ini merupakan hal yang baru buat saya, karena seumur hidup belum pernah membungkus kado apalagi kalau buku. Dalam melakukan packaging, ternyata ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Misalnya, kemasan harus rapat/tidak ada ruang dengan buku. Selain itu juga, harus dibungkus lagi dengan Lakban, tujuanya agar tidak mudah rusak saat dikirim menggunakan kurir online. Barulah kemudian buku sudah bisa dikirim secara Online.

Selain melakukan Packaging, saya juga ditugaskan untuk memburning DVD untuk di include ke dalam buku Excellent. Untuk melakukan burning secara cepat, ada suatu komputer khusus yang digunakan. Komputer ini dapat mengcopy 1 DVD ke 7 DVD. Proses nya pun dijalankan secara pararel, memungkinkan proses pengcopy-an yang lebih cepat.

Setelah semua tugas yang diberikan oleh kak Alifa selesai dijalankan, saya pun kembali melanjutkan tugas yang diberikan kak Choirrulloh. Setelah beberapa Jam mencoba, akhirnya NextCloud sudah bisa dijalankan di Web Browser. Tampilan dari NextCloud bisa anda lihat dibawah ini :

Tahap selanjutnya adalah melakukan Deployment SSL. SSL membutuhkan domain agar bisa berjalan. Saya memilih untuk menggunakan Let's Encrypt seperti yang direkomendasikan di artikel tutorial yang saya temukan. Ternyata, pada saat proses deployment SSL ada yang error. Masalahnya berada pada NXDomain Error, ini menandakan ada yang salah pada konfigurasi DNS Server. Berhubung hari sudah malam dan saya dah mumet, akhirnya pun nya saya pulang.

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan, sampai jumpa di lain waktu! 😁

Akhir salam,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top