Catatan Hari-11 PKL

December 17, 2018

Halo, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan catatan kegiatan seharian saya pada saat PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo, berikut ini dia Catatan harian PKL untuk hari Senin ini.

Hari ini dimulai dengan hari yang seperti biasanya, hari dimana saya mulai mempelajari hal yang baru disini. Pertama saya ditugaskan oleh kak Choirrulloh untuk memahami konsep High Availability (HA) dan mengimplementasikan nya pada entah Proxmox/vSphere/NGINX, begitu tugas dari kak Choirrulloh. Lalu, sayapun memilih NGINX, saya memilih ini karena saya sudah belajar tentang NGINX sebelumnya.

Kemudian, saya pun mencari tau di Internet dan di Buku Excellent apa yang dimaksud dengan HA, serta konsep nya. Sayang, Excellent belum mempunyai buku yang membahas tentang NGINX, adanya HA di Proxmox dan vSphere. Jadi saya mencarinya di Internet saja tentang HA di NGINX.

Konsep High Availability (HA) ini cukup simple namun efektif. HA digunakan untuk menghadirkan suatu ketersiadaan jasa Server dalam mengangani Klien nya, itu yang saya tahu. HA biasa digunakan untuk Web Server dengan klien yang banyak. Setelah memahami konsep HA ini, saya melanjutkan nya dengan mengimplementasikan HA tersebut ke NGINX.

Pada saat melakukan googling cara pengimplementasian nya di NGINX, memang kelihatan sulit dibanding konsep yang ada, Lalu tak lama saya ditugaskan oleh kak Alifa untuk membungkus buku Excellent, membungkus buku ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian, kalo asal-asalan ya nanti imbas nya ke Customer, jadi kurang puas dan sedikit kecewa (mungkin) karena bungkusan nya kurang rapih..

Selain itu juga, saya disuruh membuat laporan pengiriman Invoice, dalam membuat laporan ini, tidak boleh asal-asalan jadi. Maksudnya, kita harus teliti dan sabar dalam membuat laporan tersebut. Kalau buru-buru bisa jadi nomor Resi yang dilaporkan tidak sama dengan yang ada di kertas Resi. Bisa jadi masalah besar ini..

Sampai selesai membuat laporan Invoice, tak sadar waktu sudah menunjukan pukul 6 an saya pun berniat untuk pulang dan kembali ke rumah :)

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya bagikan hari ini, terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di lain waktu!

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top