Catatan Hari-1 PKL : Awal Sebuah Cerita

December 07, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.



Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan Pengalaman-pengalaman yang sudah saya didapatkan pada hari pertama Prakerin/PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo.



Sebelum membagikan pengalaman saya, disini saya sudah menuliskan fungsi dari PKL, bagi yang belum tahu.


Fungsi PKL, Kenapa harus PKL?

Fungsi dari pelaksaan PKL bagi Siswa/Siswi SMK seperti saya adalah dengan melakukan kegiatan PKL diharapkan bagi Siswa/Siswa dapat mengenal yang namanya proses beradaptasi di lingkungan perusahaan dan mengambil sebanyak mungkin pengetahuan dan ilmu yang bisa dipetik.

Jadi intinya Manfaat atau kegunaan melakukan kegiatan PKL ini adalah meningkatkan pengalaman dan mutu perserta didik yang tadinya belum pernah menjadi pernah, sudah tau menjadi lebih tau, menambahkan pengalaman, melatih mental agar lebih terbiasa dengan keadaan dalam suatu instasi atau perusahaan, dll yang pastinya bermanfaat bagi Siswa atau Siswi tersebut.


Singkat Cerita Pelamaran PKL

Singkat cerita, saya mendapatkan informasi pelaksaan Prakerin/PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo dari Guru Pembining di Sekolah, namanya Pak Supriyadi dan juga saya juga mendapatkan Informasi tersebut dari kakak kelas.Proses pelamaran Prakerin di PT. Excellent Infotama Kreasindo ini dimulai dengan menghadiri Tes, di Tes tersebut anda akan di Tes 2 hal, yakni Tes Logika dan Tes IT.

Setelah melakukan Tes, saya mengunggu Email Jawaban dari HRD. 10 Hari berlalu, Akhirnya pun saya mendapatkan Email Jawaban tersebut dan mendapati bahwa saya lulus dari tes tersebut dan diterima untuk PKL mulai tanggal 03 Desember 2018.


Cerita Hari Pertama PKL 

PKL saya mulai pada tanggal 03 Desember 2018 sampai tanggal 10 Maret 2019. Hari pertama dimulai dengan melakukan Briefing harian pada jam 08.00 sampai selesai. Saat proses briefing, saya pun turut bergabung, sambil menyimak bagaimana apa yang orang lakukan saat melakukan briefing. Di situ saya di ajak untuk berkenalan dengan para staff-staff yang ada pada saat perusahaan tersebut. Lalu, saya diajak keatas oleh kak Choirrulloh untuk belajar diatas. Hari pertama saya ditugaskan untuk menginstall Telegram. Lanjut dengan membuat Akun Zimbra, Dropbox dan menginstall Aplikasi Wunderlist.

Selanjutnya saya mencoba menginstall Proxmox VE di VMware ESXi. Alhamdulillah Proxmox VE nya sudah berjalan mulus setelah dibantu dengan kak Choirrulloh yang pada saat itu menjadi pembimbing saya selama PKL. Lanjut dari menginstall Proxmox, saya mencoba mengenali fungsi-fungsi yang ada di Menu serta parameter Proxmox VE menggunakan Browser sebagai penampil GUI mode Proxmox.

Siang pun tiba, pada saat itu para staff mulai memanfaatkan waktu nya untuk beristirahat karena memang sudah masuk jam istirahat.. Saya pun juga ikutan makan, akan tetapi saya sudah membawa bekal dari rumah, jadi tidak terlalu merepotkan bagi saya hehe... Lanjut dari makan siang, saya mencoba menginstall MikroTik OS di Proxmox, hanya untuk coba-coba saja..

Siang berganti sore, para staff sudah mulai pulang. Pada saat itu sekitar jam 4 Sore. Tapi saya belum pulang, karena lagi bikin ini artikel haha... Dan yang terakhir, saya ditugaskan untuk membuat Catatan kegiatan keseharian. Ya, cukup sekian dari artikel ini.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top