Catatan Hari-14 PKL

December 20, 2018

Halo, kembali lagi bersama saya, kali ini pada episode yang ke-14 saya akan membagikan kegiatan keseharian yang saya lakukan selama PKL pada hari ke-14 di PT. Excellent Infotama Kreasindo.


Hari Kamis, Tanggal 20 Desember 2018. Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat, sampai sudah mencapai hari ke-14 saya PKL disini. Sisanya tinggal sekitar 80-an hari lagi waktu PKL berakhir, dalam hati, saya merasa sedikit bersalah walaupun waktu masih banyak tersisa dibelakang. Bersalah dalam artian saya tidak menghargai waktu sebaik mungkin.

Pasalnya, pada pagi hari ini saya menginstall Ubuntu Server 16.04 tanpa berpikir panjang. Saya seharusnya menginstall Ubuntu Server 18.04. Ini merupakan sebuah kesalahan yang kecil namun cukup merugikan. Karena ini pula, saya menghabiskan waktu sebanyak 3 Jam hanya untuk menginstall Ubuntu Server 16.04 dan NextCloud di dalamnya. Waktu yang terbuang ini seharusnya bisa diisi dengan hal lain. Contohnya membuat laporan Invoice dan membuat artikel di blog. 

Kemudian saya ditugaskan oleh Pak Bos untuk membantu kak Alifa mengenai tempat yang ia gunakan saat bekerja, masalahnya tempat saya duduk berjauhan dan kak Alifa. Tugas yang diberikan pak bos yakni memindahkan ruang kerja kak Alifa agar bersebrangan dengan tempat belajar saya. Tujuan nya agar rapih saja dan agar enak dipandang. Kemudian Sekitar jam 1, saya dimintai tolong oleh kak Rahmi untuk membantu nya berhadapan dengan dokumen-dokumen.

Tak lama setelah membantu kak rahmi, saya kemudian mengikuti briefing, tidak seperti biasanya Briefing ini dilaksanakan pada jam 2 tadi siang dan berakhir pada sekitar jam 3. Karena pak bos banyak membicarakan hal pada briefing kali ini, mulai dari cerita tentang jalan-jalan mungkin? ke Semarang, sampai membicarakan kesalahan yang saya lakukan pada saat melaksanakan tugas, mulai dari mentalnya saya dari tugas (tidak konsisten) sampai ke tugas saya yang belum selesai, dibahas di briefing ini juga. 

Setelah selesai dengan briefing, Setelah sedikit mengerti, saya coba merancang topologi nya di Aplikasi MindMap Online yang beralamatkan https://creately.com. Topologi yang saya buat saya lampirkan [Disini].

Setelah membuat Topologi, kemudian saya mencoba mengimplementasikan apa yang ada di Topologi tersebut. Namun saya masih bingung dengan tempat Penyimpanan NextCloud nya. Ini managemen penyimpanan nya bagaimana? karena terbatas dengan pengetahuan dan virtualisasi vmware, saya tidak tahu apa yang harus dilakukan. 

Lalu saya lanjut dengan menginstall NextCloud di Ubuntu Server 18.04, kemudian membuat tutorial nya di blog, tugas ini merupakan hutang yang sudah dulu-dulu seharusnya dibayar, tapi malahan baru kesempetan sekarang.. Link nya ada [Disini]. Sembari menginstall NextCloud, saya sempatkan membaca tutorial Load Balancing menggunakan software HAProxy di Internet. Kemudian saya berpikiran "Mungkin harus saya tanyakan ke pak bos? karena dia mengerti dengan hal semacam ini". Sekiranya pemikiran itu baru saya sadarkan pada saat waktu menunjukan pukul 18.00, sudah hampir saat nya pulang huh..

Yah Sekiranya sudah sampai jam 7, saya pun berniat untuk segera pulang ke rumah, takut orang tua khawatir dengan anak nya.. Oke, cukup sekian catatan hari ini, sampai jumpa di lain waktu!

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top