Catatan Hari-2 PKL : Kesabaran Sangat Dibutuhkan

December 07, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada postingan ini, disini saya akan membagikan catatan kegiatan Hari-2 PKL/Praktek Kerja Lapangan di PT. Excellent Infotama Kreasindo.


PKL/Praktek Kerja Lapangan di PT. Excellent Infotama Kreasindo sangatlah menyenangkan. Disana, saya mendapatkan banyak pengalaman, walaupun cuman baru 2 hari disini. 

Kesan yang saya dapat di 2 hari pertama PKL disini adalah, PT. Excellent Infotama Kreasindo memiliki para staff yang baik hati, ramah, dan kekeluargaan disini bisa jelas terlihat. Hal ini berbeda dari perusahaan yang biasanya hampir tidak ada kekeluargaannya, PKL di Excellent sangatlah menyenangkan.

Selanjutnya, saya akan berbagi ke anda dalam postingan ini tentang apa yang saya kerjakan hari ini. Pertama, seperti biasa setiap pagi kita melakukan briefing. Saat briefing dimulai, pembimbing saya (kak Choirrulloh) yang biasanya datang saat ini tidak terlihat. Itu karena dia memang lagi ada urusan di luar sebentar. 

Selanjutnya saya pun diberitahukan oleh kak Mohammad Ridwan untuk mengerjakan apa yang kak Choirrulloh (Pembimbing saya) perintahkan. Tugasnya yakni menginstall Ubuntu Server. 

Proses penginstallan Ubuntu Server untuk pertama kalinya memang kelihatan sulit, akan tetapi hal itu dibantu oleh Tutorial yang saya dapat dari Internet. Setelah proses penginstallan selesai, Selanjutnya saya ditugaskan untuk menginstall NGINX di Ubuntu Server tersebut. Proses penginstallan NGINX sangat mudah, akan tetapi konfigurasinya lah yang ribet..

Selanjutnya saya ditugaskan lagi untuk membuat Wordpress CMS di Ubuntu Server menggunakan NGINX. Dari judulnya aja udah gak sabaran dan penasaran. Yah, saya mah gitu orangnya, suka berexplorasi, walaupun nanti bisa amburadol hasilnya :v. Penginstallan Wordpress ini mudah, akan tetapi konfigurasi agar Wordpress dapat bekerja didalam NGINX sangat bikin kepala anda pusing, apalagi yang belum pernah nyoba.

Penginstallan Wordpress CMS di Ubuntu Server menggunakan NGINX hari ini tidak berjalan cukup lancar. Sudah dicari kesana-sini kesono-kesana masih aja belum bisa bener. Karena terlalu banyak melakukan kesalahan, akhirnya saya install ulang saja Ubuntu Server nya. Penginstallan ulang nya pun memakan waktu yang cukup lama, sekitar 2 jam an karena ada bagian yang membuat proses penginstallan stuck.

Disaat saya sedang melakukan penginstallan ulang Ubuntu Server tiba-tiba kak Fathul Muharram datang dan memberikan sesuatu, di bilang itu adalah data-data Invoice. Saya diberikan tugas untuk mengerjakan tugas ini dengan membuat laporan dari Nomor Resi, Penerima, dan Tempat Penerima dari data-data Invoice yang diberikan kak Fathul. Saya diberitahukan juga kalau selanjutnya ini merupakan suatu kewajiban tugas saya setiap harinya.

Sore pun datang, karena sudah sore, saya akhiri saja penginstallan Wordpress CMS di Ubuntu Server menggunakan NGINX nya. Tugas ini akan saya lanjutkan besok.

Sekian dari catatan pengalaman hari ini, walaupun ada beberapa bagian yang saya masukan kurang ada disini, hal itu juga gak terlalu penting buat dijadikan catatan. Oke, sampai jumpa...

Wasalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top