Catatan Hari-5 PKL : Pengalaman yang Baru

December 07, 2018

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan catatan kegiatan dan pengalaman yang sudah saya didapatkan pada hari ke 5 Prakerin/PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo.


Pada PKL hari ke 5 ini ada sesuatu yang spesial, Spesial maksudnya team Excellent mengadakan Makan Bersama setelah Sholat Jum'at. Sayang sekali Handphone saya lagi rusak (Firmware nya rusak), Jadi gak bisa foto deh..😔. 

Dimulai di pagi hari, saya dan team Excellent melakukan briefing. Saya pun menyimak dengan antusias apa yang bos bincangkan pada saat Briefing. Jujur saja, saya kalo lagi nyimak, tidak semua bagian yang dapat diingat. Ada juga beberapa bagian yang tidak bisa saya ingat, memang sudah dari dulu, entah karena kurang fokus menyimak atau tidak bisa konsentrasi.

Kemudian ada bagian yang saya bisa "lihat" dari pembicaraan pak Bos Vavai saat briefing. Bagian tersebut adalah "Kalau kita mau sukses, kita harus bisa bergerak. Tidak hanya diam di satu titik saja", ya kurang lebih itu yang pak bos bilang.  Maksud dari yang bisa saya "lihat" adalah, kalau kita gak cuman bisa gitu-gitu aja, gak ada ilmu tambahan sama sekali, maka kita pun akan terkalahkan dengan Generasi baru yang otaknya lama-lama makin paham akan teknologi.

Selesai briefing, saya pun melanjutkan penginstallan Zimbra yang kemarin. Dan alhamdulillah berkat panduan Buku dan bantuan dari kak Choirrulloh, Zimbra nya sudah terinstall dan bisa berjalan dengan baik (Berjalan baik dalam pengertian yang saya tau). Untuk tampilan awal Zimbra Mail Server, bisa dilihat di bawah ini :


Kemudian pada Siang harinya saya melakukan kegiatan kewajiban beribadah, yakni shalat Jum'at. Selesai shalat jum'at kami (saya dan team excellent) pun bersiap untuk makan siang bersama. Pengalaman makan bersama ini, mungkin jarang sekali ditemukan di Perusahaan-perusahaan lain. Dan alhamdulillah Excellent mengadakannya walaupun hanya seminggu sekali. Hal ini merupakan sesuatu yang baru buat saya.

Setelah makan bersama, saya pun mencoba melakukan pengujian Zimbra yang saya install. Pengetesan nya dengan cara pengiriman Email di dalam jaringan lokal. Kemudian saya pun terpikir untuk menggunakan client openSUSE, sekalian juga mau nyobain gimana rasanya menggunakan OS openSUSE versi Desktop. Ternyata, openSUSE tidak seburuk yang saya pikirkan, User Interface nya pun didesain dengan cukup Minimalis dan menarik, serta Desktop yang ringan. Yang saya suka dari openSUSE ini adalah konfigurasi nya yang lengkap, khususnya konfigurasi yang ada di YaST 👍


Pengetesan mengirim Email di dalam jaringan lokal pun sukses. Hasilnya, Client dapat mengirim ke sesama pengguna Zimbra Mail Server yang ada di dalam satu Jaringan Lokal. Oke, cukup sekian dari pengalaman yang saya dapat hari ini, sampai jumpa di waktu! 👌

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top