Catatan Hari-19 PKL

December 31, 2018

Halo, kembali lagi bersama saya, Dean Rayhan, penulis postingan ini. Pada ke episode ke 19 ini, saya akan memberi judul dengan "Saatnya Berubah Menjadi yang Lebih Baik". 


Judul ini saya pilih karena mumpung sekarang akhir tahun, kenapa kita tidak menjadi lebih baik di tahun selanjutnya? Tidak ada salah nya berubah, apalagi ke arah yang lebih baik, tidak merugikan juga bukan? Dan juga perubahaan tidak harus dilakukan di akhir tahun saja, namun sebisanya berubah setiap hari.

Seperti biasa format catatan ini sama seperti kemarin, mulai dari tanggal nya, tapi postingan kemarin kan gak ada sub bab nya, jadi hari ini saya buat :)

Senin, 31 Desember 2018. Saat ini kenapa perasaan saya beda dari hari2 sebelumnya, kayak ada yang nyangkut gitu.. Saya sampai di markas (kantor excellent) jam 7.50. Saya merasa terlambat saat melihat team sudah datang duluan, tapi saya belum. Seharusnya, saya datang lebih dahulu daripada team.


Briefing Pagi
Pagi tadi, tidak lama setelah saya mengecek Online Shop, pak bos memberitahukan team kumpul segera ke bawah untuk memulai briefing pagi hari ini. Hari ini pak bos memberitahukan kita pelajaran penting nya membuat planning saat belajar, contoh nya pada saat mau belajar HAProxy, kita harus tahu apa HAProxy itu dulu, selanjutnya baru kita belajar tentang fungsi nya tentang HAProxy, selanjutnya setelah mengetahui fungsi, kita harus bisa menganalisis maupun mencari implementasi dari HAProxy itu sendiri. Jadi kesemua ini bisa disebut sebagai SOP, atau Standar Operasional Prosedur. 

Selain itu juga pak bos Vavai juga bilang "Jangan sampai kita gelap gulita pada saat kelas kuliah dimulai" Yah, kira2 seperti itu beliau bilang. Dari yang dapat saya ambil, maksud dari kata ini adalah jangan sampai kita tidak tahu menahu dengan apa yang akan kita pelajari (Ini ada kaitanya dengan planning). Sebagai contoh saya sekarang masuk, tugas sudah selesai. Besoknya, saya harus tahu apa yang akan saya pelajari. Nah kira2 seperti ini.

Selanjutnya beliau juga bilang "Don't Rich People Difficult". Ngomong-ngomong, kalimat ini pernah juga saya dengar dari kakak kelas (Rafi Naufal) sewaktu di sekolah. Kak Rafi Naufal ini bahkan menjadikan kalimat tersebut sebagai moto hidupnya. Lalu, apa sih maksud dari "Don't Rich People Difficult" itu sendiri?. Kalau diterjemahkan dari Inggris ke Indonesia, artinya "Jangan Seperti Orang Susah". Maksudnya, ktia tidak boleh seperti orang susah yang serba susah hidupnya (Disusah-susahin).
Contohnya, kita sedang sakit, lalu apa yang akan kita lakukan? Tentu saja berobat ke dokter/puskesmas untuk check-in. Tapi, beda lain nya dengan yang dilakukan orang susah, berkat dari pengalaman dia sebelumnya, dia hanya sembuh saya ambil contoh, sembuh dari penyakit maag dengan minum obat yang dijual di warung. Hal ini bisa saja salah, bila kita mempunyai sesuatu yang lebih serius dari penyakit maag ini, seharusnya kita lebih dari awal check-in di dokter/puskesmas. Bagaimana kalau sakit maag ini adalah awal dari komlikasi serius di lambung kita? kita tidak tahu, dokter dan tuhan yang tahu. Nah, kesimpulan nya, jangan kayak orang susah, gak kasian sama apa sama badan?.

Dan juga, tadi pak bos memberikan anaolgi yang cukup menarik, yakni "Kita kalau mau belajar berenang harus berseluncur dahulu, baru bisa mulai mengenal berenang", yah kira2 gitu apa yang pak bos sempat katakan. Maksud dari kata-kata ini Misalnya kita mempunyai tujuan, dan sudah di buat planning nya, sekarang masalahnya bagaimana kita akan mulai. Disini bos menekankan kita agar selalu 

Dipikir-pikir, kalau nulis semua inti dari pembicaraan bos tadi, rasanya kebanyakan, hehe.. Briefing hari ini selesai jam 9.


Mulai Kerja
Pagi hari, saya mulai membantu kak Alifa, membantu dengan tugas nya mengurus pesanan buku. Karena setelah tadi saya cek ada pesanan buku, say akan mencetak invoice nya, namun kak alifa bilang "saya saja", yasudah invoice nya pun di print oleh kak Alifa. Setelah kertas Invoice di Print dan bukti pembayaran juga di print, selanjutnya adalah tugas saya yang membungkus pesanan buku tersebut. Pagi hari ini ada banyak, ada 6 buku yang akan dikirim. Setelah selesai membungkus semua pesanan buku, selanjutnya saya mengirim nya ke Kurir terdekat seperti JNE, J&T, dan kawan-kawan nya, tergantung yang di pilih oleh pelanggan mau dikirim lewat kurir apa.

Setelah membungkus buku dan mengirim buku ke kurir (selesai jam 11 an), saya kemudian ke atas untuk mengecek kembali Online Shop sewaktu-waktu jika ada pesanan buku lagi. setelah mengecek, ternyata tidak ada pesanan. Kemudian, saya teringat kesalahan saya kemarin : Tidak membuat note harian. Note harian ini saya fungsikan untuk mempermudah ingatan saya dengan apa yang saya lakukan hari ini, juga digunakan untuk mempermudah penulisan yang sedang kamu baca ini. Begitu teringat, saya langsung membuat note nya di notepad. Pada saat membuat note, saya ditanyakan untuk memilih menu nasi padang apa untuk makan siang nanti, pada saat itu saya menjawab Ayam Bakar, karena gak mau terlalu ngerepotin yang bayarin makanan, karena hari ini hari senin gan, bukan jum'at.

Tak selesai membuat note, tiba juga saatnya makan siang, seperti yang sudah dipesan, kami team excellent di bagikan jatah pesanan nya masing-masing. Sayang makan siang hari ini tidak lengkap dengan seluruhnya team execellent, karena ada beberapa yang cuti dan mempunyai urusan lain.

Setelah selesai makan siang, kemudian saya ditugaskan oleh kak Choirrulloh untuk menginstall VMware ESXi di Intel NUC yang ada di ruang training. Nantinya, ESXi ini akan digunakan oleh peserta training VMware vSphere yang ada di Excellent.

Dalam penginstallan VMware ESXi, saya pertama dibantu oleh kak Choirrulloh, karena ini baru pertama kali nya saya install ESXi. Setelah proses installasi selesai dengan dipandu oleh kak irul, selanjutnya saya ditugaskan untuk menginstal nya sendiri, bagi saya ini tantangan, namun agak ngeri juga kalo kenapa-napa :v.

Akhirnya, proses penginstallan berjalan mulus, proses nya memakan waktu 15 Menit, tergantung dengan spesfikasi yang anda punya. Soal proses penginstallan, nginstall nya sih gak terlalu susah-susah amat, asal kan ngerti dengan bahasa inggris dan sedikit pemahaman akan VMware, pasti proses penginstallan nya akan bisa lebih mudah dilakukan dan mulus.

Setelah menginstall VMware ESXi, selanjutnya saya melanjutkan membuat note tadi. Pembuatan note diselingi dengan membuat catatan kegiatan pkl, seperti yang sedang anda lihat ini. Dalam pengerjaan membuat catatan kegiatan pkl, saya cicil sedikit-sedikit diselingi membantu yang lain. Seperti membuat laporan pengirman buku tadi.

Sekitaran jam 3.30, saya kemudian berpikiran "Ini kok tumben gak ada pengiriman invoice ya, apa karena sedang akhir tahun jadi gak ada?", daripada menyimpan pikiran ini lama-lama, kemudian saya tanyakan ke mba rahmi ternyata sudah ada Invoice, namun belum siap untuk dikirim. Mendengar hal itu, kemudian saya membantu kak rahmi, selesai membantu nya menyiapkan invoice untuk dikirim, saya kemudian berniat langsung mengirim nya ke JNE terdekat. Namun, keaadaan diluar sedang hujan "Yasudahlah gapapa, lanjut buat note sama ngebog" dalam hati. Setelah hujan sudah reda, kemudian saya baru mengirim invoice nya ke JNE terdekat.

Pada saat sampai di cabang JNE dekat kantor excellent, saya mengerahkan invoice nya ke kasir atau apalah gatau saya namanya. Karena invoice yang mau dikirim sedikit, saya berpikiran untuk menunggu si kasir membuat resi nya (itu yang saya tau). Menunggu nya pun memakan waktu yang cukup lama, yakni 30 menit an.

Selesai mengirim Invoice dan kembali ke markas Excellent, saya selanjut nya membuat laporan pengiriman invoice nya. setelah itu saya agak refreshing dulu sebentar, refreshing yang saya maksud disini seperti rebaan bahasanya. Setelah refershing, saya melanjutkan menulis note dan menulis jurnal kegiatan pkl ini, selesai nya membuat note sekaligus jurnal harian saya.

Setelah memastikan semuanya telah selesai, saya selanjutnya mencari hal lain, disini saya mencari iso CentOS 7 dan Ubuntu Server 18.04 di Repository lokal milik excellent, setelah ketemu langsung saya copy ke handphone untuk dicoba di rumah pada saat liburan, yha setidaknya begini lah kebiasaan saya..

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan, terima kasih telah membaca dan memperhatikan keseluruhan tulisan postingan ini, sampai jumpa di lain waktu!

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top