Catatan Hari-16 PKL

December 26, 2018

Halo, dengan saya, Dean Rayhan. Kali ini pada episode yang ke-16 saya akan membagikan kegiatan keseharian yang saya lakukan selama PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo.

Rabu, 26 Desember 2018. Lepas dari libur 4 Hari kemarin, rasanya sudah siap hari ini, dengan pikiran yang segar untuk melanjutkan tugas kemarin yang belum selesai. Pagi diawali seperti biasanya, datang jam 7.30 dan menunggu tanda-tanda briefing pagi. Untuk hari ini, tidak ada briefing, mungkin karena tidak sempat atau gimana..

Seusai itu, saya lanjut ke atas untuk belajar seperti biasanya. Duduk dan menyalakan Mini PC yang ada di sana saat itu. Selanjutnya, dibiasakan juga untuk mengecek Toko Online milik Excellent yang ada di Tokopedia dan Bukalapak. Setelah mengecek toko, adapun barang yang sedang dipesan, yakni buku Zimbra. Mendapati ada barang yang sedang dipesan saya pun membungkus nya buku tersebut seperti biasanya.

Setelah tugas membungkus Buku selesai, saat nya membaca artikel tentang HA dan Load Balancing, mengingat saya punya tugas yang belum kelar., yakni tugas Load Balancing server NextCloud. Setelah dibaca artikelnya, adakalanya saya pun memahami apa yang ada.

Lanjut dari membaca artikel tersebut, saya pun juga membaca artikel lainnya seperti "Cara RSync secara otomatis 2 Server Cloud di Ubuntu, Cara login SSH tanpa dimintai password oleh Sistem [Link], serta Cara Membuat Internal Network di vSphere [Link]yang terkait dengan tugas ini juga. Tidak lupa juga membantu staff excellent lainya, terutama dengan kak Rahmi dan kak Alifa.

Selesai membaca artikel-artikel dan hal lain nya, selanjutnya adalah mencoba mempraktekan artikel tersebut, khususnya pada artikel "Cara login SSH tanpa dimintai password oleh Sistem".  Setelah dicoba dan mengutak-atik sini dan sana, hasil prakteknya bisa, Oke. Tantangan selanjutnya adalah RSync secara otomatis. Untuk membuat nya secara otomatis, tentu diperlukan skill bash yang luas. Untuk Masalah ini belum saya praktekan, karena kurang nya waktu. 

Sebelum membaca artikel dan kebawahnya, saya juga membuat planning dan update di topologi yang lama. Link nya Disini. Bisa terlihat bukan? masalah yang ada di topologi tersebut. Selain memperbaiki topologi, saya juga mengimplemantasikan yang ada di topologi, menyesuaikan bahasanya.

Setelah itu juga membuat artikel tentang Tutorial Menginstall Webmin di Ubuntu Server 16.04. Saya merasa bersalah gitu kalau tidak membuat artikel tutorial dari apa yang saya dapat saat PKL di sini.

Tidak lepas dari itu semua, saya juga mengerjakan apa yang sudah menjadi tugas rutin PKL di Excellent. Yakni membuat Laporan Pengiriman Buku, Laporan Pengiriman Invoice, serta Laporan Kegiatan Harian. Dan tidak lupa juga, postingan yang sedang anda baca ini.

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. Sampai jumpa di lain waktu!

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top