Catatan Hari-13 PKL

December 19, 2018

Halo, dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan Catatan harian saya dalam melaksanakan kegiatan PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Menulis nya di blog ini bertujuan untuk mengingkatkan minat dan kemampuan menulis saya.


Hari Rabu, Tanggal 19 Desember 2018. Hari ini masih sama seperti yang sebelumnya, melanjutkan belajar NGINX dan High Available. Setelah belajar mencari tutorial disana dan sini di Internet, akhirnya pemahaman yang saya dapat tentang NGINX bertambah, jadi tidak sia-sia belajar hari ini.

Setelah itu, saya pun lanjut dengan melanjutkan tugas yang kemarin, yakni belajar membuat High Availability, kemudian saya memilih untuk menginstall 2 Server Nextcloud dan menggunakan metode Load Balancing untuk membuat kedua server tersebut bisa High Availability. Saya memilih menggunakan NGINX sebagai utilitas penunjang teknik Load Balancing. Teknik Load Balancing juga bisa menggunakan software HAProxy dan dipasang di server sebagai Server Reverse Proxy nya.

Setelah memilih untuk menggunakan teknik Load Balancing, saya lalu mencobanya di Server NextCloud. Teknik Load Balancing membutuhkan setidaknya 2 Server Back-end. Karena membutuhkan 2 Server, saya kemudian membuat 1 Server dan mengkloning nya menjadi 2. Disamping itu juga saya ditugaskan untuk membungkus buku dan mengantarnya ke JNE, seperti biasanya. Dan setelah mengerjakan tugas sampingan tersebut, kemudian saya melanjutkan tugas yang membuat High Availability.

Tidak terasa keseriusan ngoprek sana-sini, malam sudah menutupi langit. Sekiranya sampai disini, saya lanjutkan tugas nya untuk Esok hari.

Oke, Cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terima kasih telah berkunjung dan membaca. Sampai jumpa di lain waktu!

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top