Catatan Hari-39 PKL

January 29, 2019


Catatan Hari-39 PKL
Hari : Selasa
Tanggal : 29 Januari 2019

Kemarin saya sempat mencoba untuk remote lokal Server Markas PS dengan menggunakan Ngrok dan Serveo. Namun pada saat saya coba remote dari rumah koneksi nya sangat lambat, mengetik pun jadi terpatah-patah. Alternatif nya saya ada ide untuk menggunakan Team Viewer.

Pagi hari ini seperti biasanya saya berangkat dari jam 07.00. Pagi hari ini saya sudah menentukan tutorial Setup ceph akan sampai mana, sudah diputskan sampai part 5. Yakni konfigurasi CephFS. part sebelumnya akan membahas cara konfigurasi Ceph Object Gateway dan Ceph Block Device. Part 2 akan membahas setup Ceph Cluster.

Setelah itu saya mulai meyalakan VM di ESXi, namun pada saat dinyalakan banyak sekali Error nya. Bahkan sampai ada yang tidak bisa di shutdown setelah selesai di boot up. Sisanya bisa di shutdown, namun pada saat di nyalakan kembali malah tidak bisa. Setelah saya ubah ini ini, masih belum bisa menyelesaikan masalah. Saya mau coba recover pakai snapshot juga tidak ada snapshot nya.

Selanjutnya tanpa berlama-lama saya ingin install ulang Ubuntu Server nya. Pada saat saya install, ada masalah lagi, File ISO yang ada di salah satu datastore ESXi sepertinya corrupt. Saya tanya ke mas Raihan, katanya tinggal dipindahkan saja ISO nya ke datastore yang lain. Saat dicoba ternyata bisa, ok.. Karena tidak ingin mengulangi kesalahan dengan tidak melakukan Snapshot saat Ubuntu Server dalam keadaan Clean Install, saya Snapshot Ubuntu Server yang baru saya install ini.

Siangnya saya mendapat pesanan buku Excellent dari Bukalapak. Karena masih jam makan siang saya tunda terlebih dahulu pemrosesan pesanan nya. Setelah makan siang saya proses pesanan buku nya. Setelah di proses baru dikirim. Tidak lama setelah saya mengirim Buku, ada tugas dari kak Alifa untuk membeli Jus Alpukat sebanyak 4. Setelah membeli jus alpukat saya ditugaskan lagi untuk membeli Aqua Galon. Saya pernah tidak sengaja membeli Galon yang refill, lalu langsung ditegaskan sama mas fathul agar membeli Aqua Galon saja.

Selanjutnya sorenya saya dimintai bantuan oleh kak Rahmi untuk mempersiapkan pengiriman Invoice. Pertama dengan menempelkan materai ke Invoice, lalu materai yang sudah menempel akan di stampel. Setelah di menstempel, saya menggunting alamat pengiriman dan menempelkan alamat tersebut ke Invoice, lalu selanjutnya baru bisa dikirim ke kurir. Setelah mengirim Invoice saya laporan pengiriman Invoice dan Buku hari ini.

Setelah laporan selesai, saya menginstall Windows 7 untuk diremote dari rumah. Pada saat penginstallan ada masalah terkait datastore yang tiba-tiba read-only setelah saya telusuri di Internet. Penyelesaian mudah dan sementara nya adalah dengan memindahkan vmdisk dari VM ke datastore yang bisa read-write. Setelah menginstal Windows 7, saya menginstall TeamViewer di Windows 7 nya.

Oke, cukup sekian dari yang dapat saya sampaikan. terima kasih.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top