Catatan Hari-24 PKL

January 08, 2019

Hari Selasa, 8 Januari 2019. Kemarin, saya sempat mengalami masalah, yakni ketinggalan Data Label Inventaris yang sudah di catat sebelumnya. Maka dari itu saya tidak bisa membuat Spreadsheet nya di hari Senin. Hari ini saya niatkan untuk fokus membuat Spreadsheet dari data Inventaris Ruangan Atas.

Pagi ini, seperti biasanya saya selalu mengecek telebih dahulu Online Shop Excellent di Tokopedia dan Bukalapak. Sudah menjadi kegiatan harian selama sebulan PKL disini. Setelah mengecek Toko Online, saya langsung membungkus pesanan buku sesuai dengan yang pembeli pesan di Tokopedia. Selain Mengecek Online Shop, saya juga mempunyai kegiatan rutin seperti Membungkus Buku, Membantu Team Excellent, Membuat Laporan Invoice/Buku, dan sebagainya.

Pagi ini saya juga di tegaskan dan diperingati oleh pak Bos soal Laporan yang terlambat. Tanpa banyak beralasan lagi dan mengaku bersalah, saya pun menjawab dengan "Oke" saja dan mereview kembali kesalahan yang saya buat. Yang kurang dari saya selama ini adalah manajemen waktu yang kurang. Saya pernah membaca kalau orang sukses tergantung bagaimana caranya Memanajemen waktu. Dan juga apabila kita sudah bisa memanajemen waktu dengan baik, maka Pekerjaan/Belajar bisa dilakukan dengan Efektif dan Efisien.

Setelah membungkus Buku Selesai, tugas selanjutnya adalah Mengirim nya ke kurir. Buku yang saya kirim ke kurir biasanya mas Fathul yang menangani, tapi tadi mas Fathul sedang sibuk, jadinya saya yang kirim.  Pesanan Buku biasa dikirim ke JNE atau T&T, Pemesan buku jarang menggunakan jasa kurir seperti Tiki, Go-Send, dan Ninja Express. Biasanya saya menggunakan kurir JNE yang ada di dekat kantor Excellent, namun karena ini masih pagi jadi belum buka JNE nya. Alternatif nya, saya harus sedikit jalan jauh dari kantor, bersyukur juga tidak terlalu jauh..

Selesai mengirim pesanan buku ke JNE, saya kembali melanjutkan membuat data Spreadsheet dari Label Inventaris yang sudah dibuat sebelumnya. Saat membuat spreadsheet, saya mendapat pesan Telegram dari kak Choirrulloh, isi nya saya harus mencoba menggunakan layanan feedly di feedly.com. Feedly ini merupakan hal yang asing di telinga saya, tanpa berlama-lama saya pun langsung masuk ke Feedly untuk mencoba layanan yang diberikan oleh Feedly. Setelah ditelusuri, Feedly merupakan penyedia layanan gratis berbasis aggregator. Meskipun gratis, Feedly tetap harus dibayar jika ingin mendapatkan fitur tambahan.


Saya tidak hanya ditugaskan untuk mencoba Feedly saja, tetapi juga following feed dari Blog tim Excellent. Kak choirrulloh tidak memberikan alasan mengapa saya harus following feed nya Blog tim Excellent. Namun saya rasa tidak ada alasan khusus kenapa saya harus following, menurut saya maksud dari kak Choirrulloh ini agar memudahkan saya bernavigasi antara Postingan Harian tim Excellent. Perlu diketahui juga Feedly ini bagus untuk digunakan sebagai perantara membaca postingan blog karena Ringan dan Cepat.

Setelah menyelesaikan tugas dari kak Choirrulloh, saya melanjutkan tugas Membuat Spreadsheet dari Label Inventaris yang sudah dibuat sebelumnya. Sampai waktu nya siang, saya berniat untuk Makan Siang, tapi sayang daku tidak bawa bekal dan uang saku yang cukup untuk membeli makanan di luar. Kemudian saya memanfaatkan waktu yang luang ini untuk Mempelajari Ceph, walaupun sedikit, namun ada nilai tambahnya. Karena waktu siang ini saya tidak punya waktu banyak, saat nya kembali ke tugas dari ka Alifa.

Sampai nya Sore, saya sudah menyelesaikan tugas mendata Inventaris Ruang Atas di Spreadsheet. Membuat Spreadsheet nya harus teliti, karena kalau tidak teliti hasilnya tidak akan maksimal dan juga Data yang diberikan ka Alifa kurang mendetail, jadinya menambah waktu saya mendata di Spreadsheet.

Selanjutnya, saat nya saya mengerjakan Rutinitas, seperti : Membuat Laporan Pengiriman Invoice, Kegiatan Hari Ini dan Buku. Sebelum mengerjakan rutinitas, saya juga ada tugas dari ka Rahmi untuk menyiapkan Pengiriman Invoice hari ini. Menyiapkan Pengiriman Invoice sudah, saatnya mengirim Invoice tersebut ke kurir JNE dekat kantor. Setelah menyelesaikan tugas dari ka Rahmi, selanjutnya saya kembali mengerjakan rutinitas sebelumnya.

Selesai mengerjakan rutinitas, saatnya saya bersiap untuk kembali ke rumah.

Oke, cukup sekian catatan hari ini, sampai bertemu lagi.

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top