Catatan Hari-22 PKL

January 06, 2019

Halo, dalam postingan kali ini saya Dean Rayhan akan membagikan Jurnal harian saya yang ke-22 PKLnya di PT. Excellent Infotama Kreasindo.

Hari ini merupakan hari yang ke-22 nya saya PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Jum'at, Tanggal 4 Januari 2019 Hari ini dimulai di seperti biasanya, saya jalan dari rumah ke markas excellent atau kantor excellent jam 7.10, sampai disana jam 7.46.

Setelah sampai dari kediaman ke markas Excellent, saya langsung ke ruang atas. Di ruang atas (tepatnya ruang training), saya bertemu dengan kak Alifa, lalu saya sapalah kak Alifa nya, karena mengingat situasi kemarin yang canggung.

Awalnya saya maksudkan menggunakan hari ini untuk kembali melanjutkan tugas sebelumnya (Load-Balancing Wordpress) dari kak Choirrulloh. Namun karena tugas untuk membantu kak Alifa belum selesai, hari ini saya maksudkan untuk fokus membantu kak Alifa dengan tugas nya mendata inventaris excellent, membuat spreadsheet dari data inventaris, lalu melabeli barang yang di data. Tugas mendata inventaris excellent ini baru sampai 55% (100% di ruang training). Untuk tugas dari kak Choirrulloh, saya maksudkan untuk mengerjakannya di hari Rabu. Hari senin sampai hari selasa dimaksudkan untuk fokus membantu tugas nya kak Alifa.

Seperti biasanya, setiap pagi saya mempunyai tugas untuk mengecek Online Shop Excellent di Tokopedia dan Bukalapak. Setelah mengecek, bisa disimpulkan kalau pagi ini belum ada pemesanan. Kemudian setelah mengecek Online Shop Excellent, saya diberitahu oleh kak Alifa untuk turun ke bawah karena ada Briefing pagi hari ini.

Briefing Pagi
Dari yang dapat saya ambil, briefing pagi hari ini pak bos maksudkan untuk melanjutkan briefing sebelumnya dan annual plan team excellent di tahun 2019 ini.

Pertama pak bos membahas tentang Measurrement saat membuat planning, yang dimaksud pak bos, Measurrement ini merupakan ukuran/patokan. Seperti di briefing sebelumnya, pak bos menjelaskan kalau membuat planning harus ada measurrement nya. Ini bertujuan agar planning yang kita laksanakan bisa terukur progress nya.

Kedua, saya juga ingat tentang pak bos yang membahas tentang Brainstorming "Fishbone". Jadi seperti namanya, brainstorming fish bone ini berbentuk seperti Tulang Ikan yang umum, yakni hanya ada Kepala, Badan dan Ekor. Dimana tulang kepala ikan merupakan masalah yang ada dan tulang badan ikan merupakan penyebab masalah nya. dan Ekor saya rasa tidak perlu.

Image result for fishbone brainstorming

Selain itu, Pak bos tadi juga menyinggung sedikit tentang Kaizen. Jadi dari yang dapat saya ambil waktu pembekalan PKL di sekolah, kaizen ini merupakan Budaya dari karyawan Yamaha Music Manufacturing Indonesia (YMMI). Secara singkat, Budaya Kaizen ini merupakan budaya perbaikan atau perubahan yang dilakukan secara terus menerus/kontinu setiap waktu.

Dan juga pak bos menyinggung tentang “Lebih baik mandi keringat di medan latihan, daripada mandi darah di medan pertempuran", kalimat ini mirip dengan "berakit-rakit kita ke hulu berenang-renang kemudian". Maksud dari kalimat ini mendalam, dari yang dapat saya ambil, maksudnya sebelum kita mulai terjun ke sesuatu, lebih baik kita mempersiapkan "sesuatu-nya" sebelumnya.

Dari yang dapat saya simpulkan, briefing hari ini membahas tentang Annual Plan team Excellent dan Meassurrement in Planning serta hal-hal lain seperti motivasi. Untuk kerapihan, briefing hari ini sedikit agak tidak beraturan, tidak tahu kita ada di poin pembahasan mana, mungkin karena saya kurang memperhatikan tadi..

Membantu Kak Alifa
Setelah briefing selesai, saya kemudian ke atas untuk melanjutkan tugas kemarin dari kak Alifa. Tugas kemarin adalah membuat Spreadsheet (data berbentuk kolom dan baris) dari data inventaris yang sudah saya buat kemarin nya. Tidak lama setelah saya mulai membuat Spreadsheet nya, saya ditugaskan lagi oleh kak Alifa untuk membungkus pesanan buku. Kemudian dari itu, saya lanjut ke tugas membuat Spreadsheet nya.

Dalam membuat Spreadsheet, saya menggunakan LibreOffice, saya menggunakan LibreOffice ini karena free software (maksudnya software bebas, bukan gratis) selain dari itu komunitas dari LibreOffice berbahasa Indonesia pun bisa banyak ditemui di Telegram dan komunitas Web. Bagi pemula di LibreOffice, tentu ini sangat "barunya" bagi saya menggunakan LibreOffice ini, karena sebelumnya saya hanya menggunakan Microsoft Office untuk semua keperluan Office maupun tugas dari sekolah.

Saat membuat Spreadsheet dari data Inventaris ruang training, saya juga berbincang ringan dengan kak Alifa. Perbincangan nya membahas tentang pengalaman kak Alifa PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo serta saran saat saya PKL disini.

Siangnya
Hari ini adalah hari jum'at, sudah jadi kewajiban bagi setiap umat mulim untuk beribadah Shalat Jum'at di waktu Dzuhur. Tidak banyak yang dapat saya dapat dari khutbah jum'at minggu ini, mungkin akan saya coba untuk mengingat nya minggu depan.

Karena hari ini juga hari Jum'at maka seperti biasanya team mengusahakan untuk mengadakan Makan Siang Bersama setiap hari jum'at. Tidak seperti yang saya alami makan siang hari ini di ruang atas training, tidak di ruang bawah tengah. Menu makan siang hari ini adalah Sop Ayam pak Mul dan Ayam Bakar, team harus memilih nya salah satu, kalau dua duanya bisa kacau ini perusahaan. Pada saat itu saya berpikiran langsung untuk memilih Sop Ayam, selain menyehatkan juga segar (kuahnya) untuk disantap.

Setelah selesai makan siang bersama, saya memaksudkan untuk melanjutkan tugas membuat Spreadsheet tadi. Tidak lama dengan mengerjakan tugas membuat Spreadsheet, ada pesanan buku lagi. Seperti biasnya, saya lah yang membungkus pesanan bukunya. Tidak sering juga, saya yang mengantar pesanan buku nya ke kurir JNE/J&T. Hal ini hanya dilakukan kalau mas Fathul sedang tidak ada/bisa mengantar pesanan buku nya ke kurir. Untuk pesanan buku kali ini, saya lah yang mengantar nya ke kurir. Karena saya tidak bisa membawa motor bergigi (motor operasional excellent), jadi saya bawa motor saya pribadi saja.

Setelah membungkus dan mengantar pesanan buku, selanjutnya saya harus mempersiapkan laporan pengiriman bukunya. Pada saat membuat laporan, saya teringat tentang bagaimana agar saya cepat membuat laporan nya, dari situlah saya kepikiran untuk membuat template laporan yang biasanya saya laporkan.


Setelah membuat template laporan, selanjutnya saya kembali melanjutkan tugas dari kak Alifa, yakni yang membuat Spreadsheet dari data inventaris ruang atas (training) markas excellent.

Sorenya
Saat membuat Spreadsheet nya saya juga mendapat tugas lain dari kak Rahmi, tugas nya seperti biasa mengirim Invoice dan membuat laporan pengiriman Invoice nya. Kemudian saya juga mendapat tugas lain seperti menjilid spiral.

Setelah menyelesaikan tugas dari kak Rahmi, selanjutya saya melanjutkan tugas membuat Spreadsheet. Saat itu, sudah jam 5 kurang, kak Alifa sudah bersiap untuk pulang duluan.

Kembali ke topik, saat itu saya berpikiran untuk melanjutkan tugas nya besok. Hari ini tugas dari kak Alifa untuk membuat Spreadsheet dari data Inventaris Excellent ruang training sampai jam 6 saja. Setelah jam 6, saya mulai membuat laporan mulai dari Buku, Pengiriman Invoice, dan Catatan Kegiatan saya.

Saat itu juga saya kepikran dengan masalah kurang rapih nya isi Email saya di Zimbra Musashi milik excellent. Kemudian saya kepikiran untuk membuat filter Incoming dan Outgoing Email di Zimbra Preferences, kebetulan sebelumnya saya sudah diajarkan membuat filter Incoming Email sederhana oleh mas Raihan. Membuat filter nya pun sangat mudah, tidak berbeda saat membuat firewall di Mikrotik. Begini jadi nya filter yang saya buat. Untuk yang Outgoing ini meyangkut privasi, saya tidak akan terlalu mempublikasikan nya, maaf ;).

Oke, Sekian dari Jurnal harian ini dan Sekiranya itulah yang saya lakukan saat PKL di hari ke-22 PKL di PT. Excellent Infotama Kreasindo. Terima kasih telah membaca dan memperhatikan tulisan saya. Sampai jumpa di lain waktu!

Related Posts

0 komentar

Berkomentarlah sesuai dengan topik yang sedang dibahas. Komentar yang berisi Link aktif akan di hapus oleh Admin. Terima Kasih.

    # Back to Top